Pelajari Cara Setting TV Digital Polytron yang Mudah untuk Kamu Ikuti

Riauonline.id, Tips dan Trik — Saat ini merk Polytron memiliki produk televisi LED dan telah dilengkapi dengan Tuner Digital T2 ke dalamnya.

Bagi kamu yang belum mengetahui cara setting TV digital Polytron di rumah, artikel ini akan membantu kamu menjelaskan bagaimana cara mudah melakukannya.

Pemerintah Indonesia sendiri memberikan batasan agar semua televisi sudah beralih ke televisi digital pada bulan November 2022.

Jadi masih ada kurang dari setahun tahun lagi untuk menuju ke sana. Namun bagi kamu yang ingin segera menikmatinya, sudah bisa kok.

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa baca artikel berikut ini hingga selesai!

Cara Setting TV Digital Polytron

Cara Setting TV Digital Polytron
Cara Setting TV Digital Polytron

Sebagai informasi, ada berbagai ukuran inch yang tersedia pada televisi merk polytron ini, mulai dari 32 inch sampai 50 inch.

Sangat nyaman tentunya menonton siaran televisi dengan layar yang besar dan jernih. Nah, simak yuk bagaimana cara settingnya berikut ini:

1. Langganan TV Kabel

Untuk mendapatkan siaran digital dapat kamu lakukan dengan dua cara.

Cara yang pertama dengan menggunakan DVB-C., yaitu dengan berlangganan TV kabel atau Parabola Digital.

Langganan TV kabel tentu membutuhkan iuran bulanan. Berlangganan TV Kabel layaknya Indovision, sebagai pelanggan kita mendapat pinjaman receiver dan parabolanya.

Bila ingin yang versi gratis maka kita harus membeli sendiri receiver dan parabolanya sendiri. Umumnya yang kita gunakan adalah merk Venus.

Namun untuk program TV digital dari pemerintah Indonesia kali ini, maka tidak akan dikenakan iuran bulanan.

Bahkan untuk kalangan tidak mampu akan ada pemberian alatnya secara gratis.

Sedangkan untuk mereka yang kondisi ekonominya cukup, tidak akan ada pemberian alat secara gratis.

Mereka harus membeli sendiri alatnya maupun TV digital yang sudah dilengkapi dengan penangkap sinyal TV digital.

2. Penambahan DVB T2

Memang karena siaran digital lebih nyaman dalam menonton, ditambah aturan pemerintah, maka orang-orang pun berbondong-bondong melengkapi televisinya dengan alat yang menunjang untuk televisi digital.

Salah satu alat yang dapat merubah televisi analog ke televisi digital adalah dengan menggunakan tuner DVB-T2.

Cara setting TV digital Polytron dengan DVB-T2 yaitu yang generasi kedua. Ingat DVB-T2, bukan DVB-T.

Jadi pastikan yang generasi kedua, karena bila generasi pertama maka tidak akan dapat kamu gunakan untuk menangkap sinyal yang terpancar untuk menerima siaran televisi tersebut.

Apakah Maksud dari DVB?

Apakah Maksud dari DVB?
Apakah Maksud dari DVB?

DVB adalah Digital Video Broadcasting. Untuk versi kabel, disebut DVB-C sedangkan untuk yang lewat darat tanpa parabola atau untuk TV digital saat ini disebut DVB-T.

T merupakan singkatan dari Terrestrial.

Lewat darat maknanya adalah sinyal TV digital dipancarkan oleh stasiun TV lewat pemancar atau relay pemancar. Selanjutnya penerimaannya adalah oleh antena UHF atau VHF.

Keunggulan Siaran TV Digital

Keunggulan Siaran TV Digital
Keunggulan Siaran TV Digital

Pada televisi analog, gambar televisi sering terlihat berbintik (noise) atau istilah yang sering kita gunakan adalah semutan.

Sedangkan pada TV digital hal itu tidak akan terjadi. Kualitas gambar yang jempolan dan jernih merupakan salah satu keunggulan dari TV ini.

Keunggulan lainnya adalah bila pada TV analog, semakin jauh lokasi antenna dengan lokasi siaran, maka gambar akan jelek dan tidak jelas, berbayang, dan sering kali sulit untuk kita lihat.

Sedangkan pada TV digital, meskipun jauh namun gambar tempat jernih untuk ditonton.

Terkecuali tempat yang memang tidak mendapatkan sinyal sama sekali, maka siaran memang tidak dapat muncul.

Pastinya kamu juga menunggu realisasi televisi digital di Indonesia bukan? Hal ini akan segera terlaksana dan tuntas dalam waktu dekat.

Akhir Kata

Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami sampaikan terkait cara setting TV digital Polytron yang mudah untuk kamu praktikkan di rumah.

Bila masih kesulitan untuk mengubahnya sendiri, maka kamu dapat menghubungi teknisi merk TV tersebut. Bisa juga teknisi terdekat dari rumah kamu.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu ya!

Selamat mencoba dan selamat menikmati siaran TV digital Indonesia guys!

Baca juga artikel berikut ini sebagai informasi tambahan:

close