Begini Cara Setting Keyboard Laptop Windows 10 yang Bermasalah

RiauOnline.id, Tips dan Trik — Seperti yang kita tahu, keyboard atau papan ketik merupakan salah satu komponen penting pada laptop maupun komputer.

Oleh sebab itu jika terganggu, maka pekerjaan juga jadi terbengkalai. Nah, untuk mengatasinya bisa dengan cara setting keyboard laptop windows 10.

Sebagai salah satu bagian penting dari laptop ini, keyboard memang yang seringkali bermasalah. Hingga ada juga yang sampai rusak total sehingga tidak bisa berfungsi lagi.

Adapun penyebab kerusakan ini sangat beragam. Untuk mengetahui penjelasan lebih jelasnya, simak terus artikel berikut hingga tuntas ya!

Cara Setting Keyboard Laptop Windows 10

Cara Setting Keyboard Laptop Windows 10
Cara Setting Keyboard Laptop Windows 10

Nah, sebelum kita lebih lanjut membahas tentang cara setting keyboard laptop Windows 10, ada baiknya sekilas mengenal tentang keyboard terlebih dahulu. 

Seperti yang telah admin singgung sebelumnya, keyboard ini merupakan salah satu bagian dari laptop maupun PC yang lebih sering kita gunakan.

Sehingga hal inilah yang membuat keyboard atau papan ketik pada laptop maupun PC ini cepat rusak. Dan hal ini tentunya membuat kita kesal karena membuat pekerjaan menjadi terhambat.

Lantas, apa sih sebenarnya yang membuat keyboard ini sering mengalami kerusakan? Berikut beberapa hal yang menyebabkan keyboard sering mengalami masalah.

Penyebab Keyboard Tidak Dapat Berfungsi

Penyebab Keyboard Tidak Dapat Berfungsi
Penyebab Keyboard Tidak Dapat Berfungsi

Nah, sebenarnya terdapat banyak hal yang bisa menyebabkan keyboard bermasalah. Bisa karena hardware, dan bisa juga karena software. Oleh karena itu sebaiknya kedua hal ini harus lebih kamu perhatikan dengan baik.

Tidak hanya itu, keyboard juga bisa bermasalah karena disebabkan oleh berbagai hal lainnya. Berikut beberapa penyebabnya tersebut:

1. Hardware Mengalami Masalah

Adapun penyebab pertama yang mendasar kenapa keyboard tidak berfungsi adalah karena hardware nya mengalami masalah.

Antara lain seperti bantalan keyboard yang sudah mulai longgar sehingga membuat keyboard menjadi kurang sensitif.

2. Software Bermasalah

Selanjutnya penyebab yang kedua kenapa keyboard menjadi tidak berfungsi adalah karena softwarenya mengalami gangguan.

Hal ini biasanya terjadi karena software yang terdapat pada laptop maupun PC tidak cocok dengan keyboard.

3. Kurangnya Perawatan

Berikutnya yang membuat keyboard pada laptop maupun PC tidak berfungsi adalah karena kurangnya perawatan dari kamu sebagai pengguna.

Hal ini bisa jadi karena jarang kamu bersihkan sehingga banyak debu yang menempel dan mengakibatkan keyboard macet.

4. Terkena Siraman Air

Adapun sebab lainnya yang mengakibatkan kerusakan pada keyboard adalah karena terkena siraman air. Karena itu yang akan membuat keyboard menjadi rusak dan tidak bisa berfungsi.

Nah, keyboard ini bisa saja mengalami masalah seperti yang disebabkan oleh berbagai faktor yang diuraikan sebelumnya.

Tidak hanya itu, bisa juga karena sebab lain yang tidak kita ketahui. Dengan begitu menyebabkan keyboard tidak berfungsi lagi seperti biasanya.

5. Mengatasi Keyboard Tidak Berfungsi dengan Setting Keyboard Windows 10

Pengguna sebenarnya tidak perlu merasa bingung. Karena untuk mengatasinya bisa kamu lakukan dengan cara setting keyboard laptop windows 10.

Adapun beberapa langkah untuk mengatasi agar keyboard bisa berfungsi dan nyaman kamu gunakan adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan Pengecekan Fungsi pada Fitur Numlock
    Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan pengecekan terhadap fungsi dari penggunaan fitur numlock. Karena bisa jadi fitur yang satu ini mungkin saja secara tidak sengaja kamu aktifkan.
  2. Melakukan Restart
    Berikutnya untuk mengatasinya adalah dengan cara melakukan restart pada PC maupun laptop Windows 10 menggunakan start menu. Melakukannya cukup mudah, cukup klik start menu atau bisa juga dengan menekan tombol Windows, setelah itu pilih button power dan klik restart.
  3. Merubah Layout Keyboard
    Kemudian bisa juga dengan melakukan perubahan setting layoutnya. Tahapannya bisa langsung klik start menu, lalu ketik language pada kolom pencarian dan pilih option US Qwerty dan lakukan perubahan pada beberapa layout keyboard.
  4. Melakukan On Screen Keyboard
    Adapun cara setting lainnya bisa juga dengan melakukan on screen keyboard. Kamu tinggal klik start menu lalu pilih program. Setelah itu pilih accessories kemudian pilih accessibility dan langsung pilih on screen keyboard.

Akhir Kata

Demikianlah deretan informasi yang bisa kamu dapatkan mengenai beberapa cara setting keyboard windows 10 dengan mudah.

Semoga bermanfaat dan bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi keyboard kamu yang sedang bermasalah.

Selamat mencoba!

Jangan lupa baca juga artikel berikut ini sebagai tambahan informasi buat kamu: