Langkah Mudah Mengatur Jaringan HP VIVO Menjadi 4G Only

RiauOnline.id, Internet — ‘Mengatur Jaringan HP VIVO’. Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang. Namun tidak dengan pembangunan infrastruktur yang selalu terhambat karena letak geografis Indonesia.

Oleh sebab itu, hingga saat ini masih ada daerah tertentu yang baru bisa menikmati jaringan 4G.

Untuk itu, bagi kamu yang baru bisa menikmakti jaringan 4G tersebut khususnya pengguna HP Vivo, bisa membaca artikel ini terkait cara mengatur jaringan HP Vivo menjadi 4G Only.

Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan pekerjaan mengingat penggunaan jaringan internet yang bagus sangat berguna saat ini.

Nah, simak terus artikel berikut untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkapnya.

Geografis Indonesia Sebagai Penghambat Teknologi

Geografis Indonesia Sebagai Penghambat Teknologi
Geografis Indonesia Sebagai Penghambat Teknologi

Kamu sadari atau tidak, Indonesia selalu mengalami keterlambatan dalam perkembangan dan pertumbuhan teknologi maupun pembangunan infrastruktur.

Hal ini terjadi karena letak geografis Indonesia yang terpisahkan oleh lautan dan pegunungan serta ngarai lembah yang curam.

Sehingga teknologi akhirnya menjadi hal yang sangat mahal untuk bisa masuk secara merata di Negara Indonesia yang cukup luas ini.

Kamu bisa lihat bahwa daerah perkotaan menjadi wilayah yang telah terintegrasi dengan baik. Sedangkan sebagian yang lainnya belum, seperti pelosok desa misalnya.

Oleh karena itu, bisa kita katakan walau masyarakat desa telah memiliki perangkat nirkabel berupa handphone yang telah support 4G.

Akan tetapi masih belum bisa mereka nikmati jaringan tersebut. Hal ini karena belum adanya jaringan 4G yang masuk ke daerah mereka.

Cara Mengatur Jaringan HP Vivo

Cara Mengatur Jaringan HP Vivo
Cara Mengatur Jaringan HP Vivo

Saat ini, setelah sekian lamanya jaringan 4G masuk ke Indonesia, keberadaan pemancar dan segala infrastruktur mulai merata ke berbagai pelosok negeri.

Dengan begitu masyarakat mulai bisa menikmati kecepatan dan kemudahan penjelajahan dengan jaringan 4G yang super cepat.

Nah, untuk bisa menikmati kecepatan maksimal dari jaringan 4G, maka perangkat handphone yang kamu gunakan harus kamu atur terlebih dahulu dengan baik melalui setelan.

Kamu harus menyimak dan mengikuti step by step dengan baik dan pastikan tidak ada langkah yang terlewat. Hal ini demi menghindari kejadian gagal saat pengaturan.

Adapun tutorial cara mengatur jaringan HP Vivo tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, kamu harus membuka aplikasi menu menelpon pada handphone Vivo.
  2. Setelah itu input kode berikut secara runut, yakni *#*#4838#*#*.
  3. Kemudian cek kembali, apakah kode telah terinput dengan sempurna atau belum. Lalu klik opsi memanggil.
  4. Jika sudah mengklik opsi memanggil, silakan tunggu sebentar. Biarkan saja sistem bekerja mencarikan opsi pilihan menu jaringan. Proses ini biasanya tidak memerlukan waktu lama.
  5. Setelah itu akan tampil pilihan menu “Menguji”. Pada tampilan menu ini kamu bisa memilih menu “Informasi Telepon”.
  6. Jika sudah, maka layar akan menampilkan berbagai pilihan menu. Silakan cari dan temukan menu lanjutannya, yakni menu “Setel Jenis Jaringan yang Disukai”.
  7. Jika sudah ketemu, segera klik dan tunggu. Kemudian lanjut dengan memilih jaringan “LTE” atau 4G Only. Lalu pilih itu dan selesaikan prosesnya.

Bagaimana, mudah dan simpel bukan? Ya, HP Vivo memang selalu menginginkan segala hal yang mudah bagi para penggunanya.

Hal inilah yang menjadikan brand Vivo dari waktu ke waktu selalu mampu menyita perhatian publik saat melaunch produk varian terbaru dari perusahaan mereka.

Kelemahan Penggunaan Jaringan 4G

Kelemahan Penggunaan Jaringan 4G
Kelemahan Penggunaan Jaringan 4G

Seperti kata pepatah ‘tidak ada gading yang tak retak’. Ya, setiap teknologi pasti ada keunggulan dan juga kelemahannya. Sama halnya dengan penggunaan jaringan 4G.

Berikut ini akan admin uraikan berbagai jenis kelemahan dari menggunakan jaringan 4G Only pada perangkat smartphone yang kamu miliki:

  1. Indikator kekuatan sinyal sering menghilang, hal ini karena kekuatan sinyal belum merata ke berbagai lokasi.
  2. Jaringan 4g Berpotensi lost connection. Jika perangkat memasuki area yang tidak support terhadap jaringan 4G Only.
  3. Berpotensi perangkat tidak menerima pesan maupun panggilan yang masih berbasis jaringan 2G/3G .

Nah, keseluruhannya tersebut terjadi karena umumnya pihak operator jaringan belum mampu menyediakan kombinasi jaringan 4G yang support ke seluruh lini.

Hal ini karena 4G Only, hanya tersedia untuk sistem jaringan internet saja.

Dengan demikian bisa kita bilang bahwa jaringan 4G Only, paling direkomendasikan untuk dipakai pada piranti handphone yang khusus digunakan untuk berselanjar di dunia maya saja.

Namun tidak untuk digunakan pada perangkat yang masih digunakan all in.

Nah, maksud All in disini adalah satu piranti handphone digunakan untuk berselancar di medsos. Selain itu berguna juga sebagai alat bertukar kabar melalui jaringan telepon dan sms.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan yang bisa kamu dapatkan terkait tutorial cara mengatur jaringan Hp Vivo menjadi 4G Only dengan mudah.

Semoga informasi yang admin bagikan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu ya. Selamat mencoba!

Kamu juga bisa membaca artikel berikut sebagai tambahan informasi:

close