Tutorial Cara Setting Outlook 2013 Gmail Paling Mudah!

RiauOnline.id, Tips dan Trik — Terkadang pekerjaan menuntut kamu untuk tetap stand by mengoperasikan akun email kantor yang memiliki load beban trafik yang tinggi.

Nah, kamu tidak perlu khawatir, karena berikut akan admin uraikan mengenai langkah mudah cara setting Outlook 2013 Gmail.

Namun sebelum itu, sudahkah kamu mendengar mengenai apa itu Outlook 2013?

Jika belum, maka ada baiknya kenali terlebih dahulu. Apa itu Outlook 2013? Bagaimana cara kerjanya? Serta manfaat atau kegunaan untuk apa?

Karena walau bagaimana pun, sebelum menggunakannya, ada baiknya kamu telah paham mengenai seluk beluknya.

Dengan begitu saat kamu memutuskan untuk memakainya maka kamu bisa mengoperasikannya secara maksimal, serta bisa menyettingnya sendiri.

Untuk lebih jelasnya, simak terus artikel berikut ini hingga tuntas ya!

Kenali Outlook 2013

Outlook 2013
Outlook 2013

Sebagai informasi, Outlook 2013 merupakan sebuah program aplikasi dari Microsoft yang memiliki fungsi sebagai sebuah program manajerial perorangan.

Dengan Outlook, maka seseorang bisa mengatur seluruh jadwal hidup yang ia miliki.

Adapun beberapa kegunaan dari Outlook 2013 adalah untuk memanajerial. Nah, apa saja yang bisa dikategorikan sebagai keuntungan dari manajerial yang bisa Outlook berikan?

Kamu bisa perhatikan item berikut ini:

  1. Akan memudahkan kamu sebagai pengguna untuk berkirim pesan melalui surat elektronik dengan berbagai platform dan tanpa khawatir terlewat.
  2. Memudahkan kamu untuk mengatur perjalanan yang telah kamu pesan dengan langsung otomatis sinkronisasi dengan kalender pada agenda kerja.
  3. Memudahkan kamu untuk mengatur jadwal acara dan tugas yang langsung akan sinkron dengan kalender pada agenda kerja.

Nah, itulah kegunaan dari Outlook yang harus kamu ketahui dengan baik sebelum kamu menggunakannya.

Adapun keseluruhan keuntungan dari menggunakan Outlook ini bisa kamu dapatkan tentunya setelah memiliki akun pada Outlook versi 2013.

Selanjutnya, ada baiknya kamu segera membuka akun dan buat pengaturannya dengan sempurna. Nah, berikut tutorial cara setting Outlook 2013 gmail.

Cara Menyambungkan Outlook 2013 dengan Gmail

Cara Menyambungkan Outlook 2013 dengan Gmail
Cara Menyambungkan Outlook 2013 dengan Gmail

Pada dasarnya, terdapat dua cara menyambungkan Outlook 2013 dengan akun email dari platform Gmail.

Untuk cara pengaturan menyambungkannya yakni dengan sistem otomatis, dan sistem manual. Tata cara yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

1. Cara Otomatis

Berikut ini adalah cara setting Outlook 2013 Gmail secara otomatis. Silakan ikuti step by step yang akan admin uraikan secara detail.

Kamu harus pastikan jangan sampai ada yang terlewat, hal ini demi menghindari kegagalan saat proses sinkronisasi. Berikut tahapannya:

  1. Ketika pertama kali kamu tahu mengakses program Outlook, biasanya kamu akan disuguhkan dengan sambutan selamat datang khasnya Microsoft Outlook 2013.
  2. Setelah itu akan ada kotak dialog yang berisi pertanyaan mengenai, apakah kamu menginginkan Outlook terintegrasi dengan berbagai jenis program Microsoft lainnya atau tidak. Jika jawaban kamu Iya, maka klik “YES”.
  3. Kemudian akan muncul kotak kolom isian yang harus kamu isi dengan alamat email yang akan kamu pakai. Silakan kamu isi dengan benar dan klik “NEXT”.
  4. Jika sudah klik “NEXT”, maka Outlook akan memprosesnya dengan mencari sambungan server.
  5. Pada sistem cara setting Outlook 2013 Gmail yang otomatis, maka pengaturan email yang kamu pakai menggunakan “IMAP”. Akan tetapi jika ingin mengubahnya menjadi settingPOP3”, maka kamu bisa mengubahnya dengan mengklik “Change Account Setting”.
  6. Jika memang kamu diharuskan menggunakan pengaturan “POP3”. Maka selanjutnya setelah mengklik “Change Account Setting”, kamu harus mengatur pengaturan lebih lanjut dan Klik “More Settings”.
  7. Pada More Setting ikuti langkah berikut.  More Setting > Outgoing Server > centang bagian My Outgoing Server (SMTP) Requires Authentication,
  8. selesai.

2. Cara Manual

Adapun untuk melakukan cara manual, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan pilih Menu File.
  2. Lalu klik “Add Account”.
  3. Kemudian centang kolom, “Manually Setup Or Additional…”, dan klik “Next”.
  4. Setelah itu pilih “POP3” atau “IMAP”, lalu klik “Next”.
  5. Jika sudah, maka akan muncul kotak isian yang meminta untuk menginput data akun Gmail yang akan kamu pakai. Nah, perhatikan baik baik karakter yang kamu input, jangan sampai salah memasukkan karakter. Kemudian klik “More Settings”.
  6. Terakhir silakan pilih “Outgoing Server”, lalu centang “My Outgoing Server (SMTP) Requires Authentication” dan proses setting selesai.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa uraian yang bisa admin sampaikan terkait tutorial cara setting Outlook 2013 Gmail dengan dua metode, yakni dengan metode otomatis dan manual.

Kamu bisa pilih salah satu yang menurut kamu paling mudah, dan bisa langsung praktikan dengan segera. Selamat mencoba ya!

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu!

Jangan lupa baca juga artikel berikuti sebagai informasi tambahan:

close