Cara Menghitung Pertumbuhan Ekonomi, Kita Harus Tahu Lho!

RiauOnline.id, Ekonomi — Ekonomi pastinya bukan sesuatu yang asing bagi manusia secara umum. Ekonomi menjadi pokok pembicaraan yang banyak di macam platform. Mulai berita koran, di televisi, hingga sosial media.

Cara menghitung pertumbuhan ekonomi ini harus diketahui oleh masyarakat yang setiap harinya bersinggungan dengan dunia ekonomi.

Pengertian pertumbuhan ekonomi atau yang dalam istilah lain biasa disebut dengan economic growth, adalah proses kenaikan output per kapita yang dimiliki suatu negara dalam jangka panjang atau perubahan tingkat kegiatan ekonomi dalam negara yang terbentuk dalam waktu tertentu ataupun pengumpulan dari tahun ke tahun.

Pertumbuhan ekonomi dalam bahasa lain diterjemahkan sebagai metode perubahan kondisi perekonomian dari negara secara berjangka menuju keadaan yang lebih baik dalam waktu tertentu.

Cara Mengukur Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara bisa diukur dengan membandingkan Gross Domestic Product (GDP) dan Gross National Product (GNP) pada tahun yang masih dilalui dengan tahun sebelumnya.

UPDATE TERBARU:   Inilah Cara Menghitung THR Paling Cepat dan Mudah

Kedua tolok ukur ini membantu perhitungan semua output perekonomian dalam negara.

Adapun, Cara menghitung pertumbuhan ekonomi suatu negara bisa menggunakan rumus ini, yaitu : Gt = ((PBDt – PBDt-1) / PBDt-1)) x 100%.

Maksudnya:

Gt            = Laju Pertumbuhan Ekonomi

PBDt       = Nilai PDB periode t

PBDt-1    = Nilai PDB periode sebelumnya

Contoh Penghitungan Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Memahami mengenai pertumbuhan ekonomi dan cara menghitungnya tentu akan menjadi lebih dimengerti jika dengan melihat contohnya.

Maka dari itu, perhartikan contoh penghitungan pertumbuhan ekonomi dari suatu negara berikut ini.

Cara menghitung pertumbuhan ekonomi Menggunakan PDB

Di negara Y, diketahui jumlah PDB tahun 2019 adalah 50 miliar. Sedangkan jumlah PDB negara tersebut di tahun 2020 berhasil meningkat menjadi 54, 2 miliar.

Dari data PDB tersebut, dapat diketahui pertumbuhan ekonomi negara Y adalah sebagai berikut:

UPDATE TERBARU:   Cara Menghitung Pemakaian Listrik Agar Lebih Paham, Mudah Banget Kok!

((PDB 2020 – PDB 2019)/PDB 2019) x 100%= ((54, 2-50)/50) x 100%

(4,2/50)x100%= 8, 4%

Maka, melalui data dan rumus penghitungan PDB diatas, dapat ditemukan persentase pertumbuhan ekonomi negara Y adalah sebesar 8, 4 persen jika dibandingkan dengan periode di tahun sebelumnya. 

Memaksimalkan pertumbuhan ekonomi

Selain itu, untuk memaksimalkan pertumbuhan ekonomi maka ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Antara lain, seperti sumber daya manusia, sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi, sumber daya modal dan yang terakhir adalah budaya.

Pertumbuhan ekonomi juga menjadi patokan untuk menentukan kondisi ekonomi dalam negara dan erat hubungannya dengan kemakmuran masyarakat.

Semakin tinggi persentase pertumbuhan ekonomi dari negara, hampir dapat dipastikan masyarakat dari negara itu juga mempunyai hidup yang semakin layak atau bahkan makmur.

Mengetahui mengenai pertumbuhan ekonomi dan cara menghitungnya tidak hanya sekadar untuk memahami persentase pertumbuhan ekonomi dari negara.

Akan tetapi, mengetahui pertumbuhan ekonomi bisa menjadi dasar bagi pemerintah supaya dapat memrancang rencana atau upaya agar kemakmuran masyarakatnya dapat diraih. 

UPDATE TERBARU:   Cara Menghitung Pajak Penghasilan Sendiri Di Rumah, Lebih Mudah Dan Efisien!

Pastikan pertumbuhannya berjalan ke arah yang baik

Dengan memastikan pertumbuhannya berjalan ke arah yang baik, suatu negara bisa memberikan kehidupan masyarakatnya yang lebih positif.

Negara yang berstatus sebagai negara berkembang, seperti Indonesia pun dapat mendapatkan status negara maju apabila pertumbuhan ekonomi Negara ini selalu positif dan terus naik. 

Makanya, agar bisa memperoleh pertumbuhan ekonomi yang positif serta tidak terjadi kemerosotan ekonomi, dibutuhkan effort dari berbagai macam stakeholder dan semua masyarakat.

Bukan hanya dari pemerintahan saja, namun juga masyarakat dari berbagai kalangan juga memiliki andil yang sama besarnya. 

Mkasudnya, misal pemerintah dan rakyat tidak bergotong royong untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tidak mustahil bahwa persentase pertumbuhannya akan menjadi kecil dan terus turun.

Demikianlah penjelasan mengenai Cara menghitung pertumbuhan ekonomi, semoga cara ini mudah dimengerti dan dipahami sehingga menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kalian yang membaca.

Sampai jumpa!

Tinggalkan komentar