Tutorial dan Cara Instal Printer Epson L110 Tanpa Memakai CD Drive

Riauonline.id, Printer – Saat ini tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menginstal printer mereka tanpa menggunakan CD Drive.

Hal ini karena cara instalnya yang hampir sama dengan menggunakan CD Drive.

Sehingga kamu tidak perlu bingung lagi jika terjadi kehilangan atau kesulitan menemukan CD Drivenya.

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kami akan berbagi tips buat kamu terkait cara install printer Epson L110 tanpa memakai CD drive.

Perlu kamu ketahui bahwa Printer Epson L110 merupakan seri termurah jika kita bandingkan dengan seri sebelumnya.

Printer ini hadir dengan berbagai kelebihan yaitu dapat mencetak dua kali lebih cepat dibandingkan dengan kerabatnya.

Jika kamu memutuskan untuk membeli printer seri ini, maka ketahuilah cara instalnya seperti berikut ini!

Cara Instal Printer Epson L110 Tanpa Memakai CD Drive

Cara Instal Printer Epson L110
Cara Instal Printer Epson L110

Saat kamu membeli printer baru, pasti akan disertai dengan CD Drive yang nantinya akan kamu gunakan untuk melakukan penginstalan.

Namun jika printer yang kamu beli merupakan printer bekas, maka salah satu cara untuk penginstalan adalah dengan mengetahui cara install printer Epson L110 tanpa CD drive.

Penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

  1. Download driver printer Epson L110 terlebih dahulu. Lebih baik jika kamu men-download link pada website resminya. Lalu buka websitenya dan cari halaman yang berisi Driver and Support untuk mendownload driver printer tersebut.
  2. Setelah masuk ke dalam halaman tersebut, silakan kamu ketik produk printer pada kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk sertakan juga nama serinya. Maka selanjutnya akan muncul situs yang akan memberikan link tempat download Driver, Lalu klik Download.
  3. Kemudian simpan file tersebut dalam hard drive pada komputer atau laptop kamu. Segera buka file yang sudah kamu simpan dalam folder, lalu klik dua kali file tersebut dan pilih unzip file.
  4. Setelah proses perubahan unzip selesai, maka kamu pilih file.exe untuk mengawali penginstalan driver. Selanjutnya silakan kamu ikuti langkah yang sudah tertera pada laptop atau komputer untuk bisa segera menggunakan printer tersebut.

Walaupun tidak memakai CD Drive untuk proses penginstalan, namun kamu masih tetap bisa menggunakan dan memakai printer tersebut, yaitu dengan mengikuti tips yang telah kami jelaskan ini.

Berikut ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan penginstalan:

Tips Sebelum Instal Printer Epson L110

Tips Sebelum Instal Printer Epson L110
Tips Sebelum Instal Printer Epson L110

Nah, untuk meng-install printer Epson L110 tanpa menggunakan CD Driver, kamuharus memiliki jaringan internet yang stabil.

Hal ini supaya penginstalan tidak berhenti di tengah jalan dan bisa berjalan dengan lancar. Apabila berhenti di tengah jalan, maka proses penginstalan tersebut bisa saja dimulai dari awal lagi.

Jika kamu tidak memiliki jaringan internet, maka bisa minta tolonglah kepada temanmu untuk menyimpan file printer Epson L110 pada flash drive atau burn drive dalam CD.

Sehingga dapat memudahkan kamu dalam penginstalan printer walaupun tanpa jaringan internet.

Saat kamu tidak memiliki keduanya, yaitu CD Drive dan teman, maka telponlah salah satu perusahaan printer Epson supaya bisa mengirimkan disk penginstalan yang baru.

Sehingga kamu dapat segera untuk menginstall printer Epson L110 tersebut.

Jika tak mau ribet, lebih mudahnya lagi silakan kamu pergi ke warung internet untuk bisa download drivernya.

Cara ini lebih mudah dan tidak merepotkan siapapun. Tetapi, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin proses penginstalan printer bisa berjalan aman dan lancar.

Pastikan kamu memilih sistem operasi yang tepat dan sesuai dengan printer yang akan kamu gunakan.

Selanjutnya adalah lakukan download pada website resmi Epson untuk penginstalan.

Ya, memang ada banyak link Driver yang tersebar, namun pilihlah dari website resminya langsung.

Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan masuk dalam laptop atau komputermu seperti virus, ransomware, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Itulah ulasan singkat dari kami terkait cara install printer Epson L110 tanpa menggunakan CD driver.

Pastika jaringan internet kamu stabil ketika melakukan proses penginstalan. Jangan lupa untuk memakai tinta atau catridge yang asli agar printer bisa tahan lama.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu ya.

Selamat mencoba, semoga berhasil!

Jangan lupa baca juga artikel berikut untuk informasi tambahan:

close