Tak Perlu Bingung, Beginilah Cara Upload Foto Agar Tidak Pecah di Instagram

Riauonline.id, Tips dan Trik — Cara Upload Foto agar tidak pecah di Instagram. Siapa yang tidak tahu dengan Instagram di era sekarang ini, bahkan anak kecil hingga orang tua pun banyak yang menjadi penggunanya.

Instagram merupakan sosial media dengan fitur utamanya adalah berbagi foto dan video dengan kualitas HD. Aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna media sosial.

Nah, untuk cara upload foto sendiri agar tidak pecah, kamu bisa simak beberapa cara berikut dan beberapa penyebab foto pecah saat kamu upload ke Instagram.

Kenapa kamu perlu mengetahui penyebab dan cara mengatasinya?

Hal ini karena tidak sedikit orang yang terkadang mengeluh ketika memposting sebuah foto ke media sosial terutama Instagram.

Karena sebelum di upload kualitas foto awalnya masih bagus, namun saat setelah di upload kualitas foto menjadi sedikit berkurang bahkan buram.

Penyebab Foto Pecah Saat Upload di Instagram

Penyebab Foto Pecah Saat Upload di Instagram
Penyebab Foto Pecah

1. Pengaturan Kamera Pada Ponsel

Apabila pengaturan pada kamera ponsel kamu menggunakan pengolahan citra berkualitas tinggi atau gambar dengan efisiensi tinggi, otomatis resolusi foto akan mengecil.

2. Resolusi Foto Kecil

Saat kemu posting foto ke Instagram, foto akan mengalami penurunan resolusi. Hal ini karena foto sudah ter compress secara otomatis pada saat proses upload berlangsung.

3. Jaringan Tidak Stabil

Nah, sinyal ternyata dapat menjadi salah satu penyebab mengapa foto kamu menjadi pecah saat upload ke Instagram.

Hal ini ternyata sinyal atau jaringan yang kurang baik atau tidak stabil bisa mempengaruhi kualitas foto yang sedang kamu upload sehingga menjadi rendah.

4. Ukuran Foto Tidak Tepat

Setiap orang pastinya menggunakan ukuran foto yang bervariasi, hal ini juga tergantung pada resolusi kamera yang kita gunakan.

Umumnya semakin kecil ukuran foto maka akan semakin buruk kualitas foto untuk kamu posting ke Instagram.

Namun sebaliknya, apabila terlalu besar kualitas foto maka foto akan ter compress secara otomatis sehingga menjadi buram.

Itulah mengapa ukuran foto dapat menjadi penyebab foto pecah saat kamu upload ke Instagram.

Cara Upload Foto Agar Tidak Pecah di Instagram Berdasarkan Penyebabnya

Cara Upload Foto Agar Tidak Pecah di Instagram
Cara Unggah Foto Agar Tidak Pecah di Instagram

Jika kita lihat dari sebab akibat yang telah kami jelaskan sebelumnya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi agar foto tidak pecah saat upload ke Instagram.

Adapun cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ubah Resolusi Foto Sesuai Standar Instagram

Instagram mempunyai tiga format layout yaitu square, portrait, dan juga landscape. Resolusi dari sebuah foto akan menghasilkan kualitas visual yang tajam.

Nah, untuk resolusi yang tepat supaya terhindar dari masalah foto pecah saat upload ke Instagram adalah sebagai berikut:

  • Pertama adalah layout dengan format square (kotak). Mempunyai perbandingan aspect ratio yaitu 1:1 dengan ukuran resolusi terbaiknya adalah 1080 x 1080 pixel.
  • Selanjutnya layout portrait (tegak berdiri). Perbandingan aspect rationya adalah 4 : 5 dengan resolusi terbaik yaitu 1080 x 1350 pixel.
  • Terakhir adalah layout landscape (menyamping). Mempunyai perbandingan aspect rationya yaitu 1,91 : 1 dengan ukuran resolusinya adalah 1080 x 608 pixel.

2. Menggunakan Aplikasi Foto Editor

Dalam hal mengubah foto sesuai dengan resolusi dari Instagram, kamu dapat menggunakan aplikasi edit foto jika kamu sudah memahami cara mengatur kualitas dan resolusi foto yang telah kami sarankan tadi.

Atau bisa juga dengan menggunakan bantuan adobe Photoshop jika kamu memakai komputer atau laptop.

Sedangkan jika kamu menggunakan ponsel, maka kamu bisa memakai aplikasi gratisan seperti Adobe Photoshop Mobile, PicsArt, PicSay, dan lain sebagainya.

3. Mengubah Pengaturan Unggahan Instagram

Untuk menghindari foto pecah saat di upload ke Instagram, kamu harus mengubah pengaturan kualitas unggahan di Instagram.

Caranya buka aplikasi Instagram, kemudian masuk ke pengaturan. Cari menu kualitas unggahan, dan atur ke mode normal.

4. Pastikan Sinyal Internet Lancar

Foto yang pecah saat kamu unggah atau upload pada sosmed Instagram ini pada dasarnya penyebabnya adalah karena signal internet yang lambat.

Oleh karena itu, pastikan sinyal internet kamu lancar dan kualitas jaringan internet yang lebih baik agar hasil unggahan juga bagus.

Akhir Kata

Itulah beberapa ulasan dari kami terkait cara upload foto agar tidak pecah di Instagram saat kamu mengunggahnya.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu ya.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel berikut sebagai informasi tambahan:

close