Simak Yuk Cara Mengatasi Whatsapp yang di Blokir Sepihak Oleh Pengguna Lain

Riauonline.id, Tips dan Trik — Cara Mengatasi Whatsapp yang di Blokir. Apakah Whatsapp kamu pernah di blokir sepihak oleh penggunaa lain, baik itu oleh rekan bisnis, teman, bahkan kerabat dekat?

Hal ini tentunya bisa membuat kamu panik apalagi jika pemblokiran dilakukan langsung oleh pihak Whatsapp karena alasan tertentu.

Beruntungnya, ada beberapa cara mengatasi Whatsapp yang di blokir sepihak oleh pengguna Whatsapp lain.

Sehingga kamu tetap dapat menggunakannya dan bisa menikmati semua fitur yang terdapat pada aplikasi Whatsapp tersebut.

Pemblokiran Pada Whatsapp

Pemblokiran Pada Whatsapp
Pemblokiran Pada Whatsapp

Whatsapp yang kini telah berkolaborasi dengan Facebook memang semakin gencar melakukan pemantauan terhadap akun-akun sosial media para penggunanya.

Tindakan yang dilakukan ini tentunya di luar dari aturan yang telah dibuat.

Oleh karena itu tidak sedikit akun Whatsapp kena blokir secara sepihak baik pemblokiran permanen maupun sementara.

Apabila hal ini terjadi pada kamu, maka berikut langkah yang bisa kamu ikuti!

1. Pemblokiran Permanen

Pemblokiran jenis ini umumnya terjadi karena sebuah akun terdeteksi sering melakukan spam ke akun Whatsapp pengguna lain.

Bahkan mereka menggunakannya untuk melakukan kegiatan negatif seperti penipuan yang kemudian mendapatkan laporkan oleh pengguna lain.

Baca Juga:   Cara Setting Modem ZTE F609 Menjadi Acces Point yang Praktis dan Simple

Apabila ingin mengatasi Whatsapp yang di blokir secara pemblokiran permanen ini, kamu dapat mencoba langkah-langkah berikut ini:

  1. Silakan buka akun Whatsapp kamu, lalu pilih menu setting yang terdapat dalam ikon titik tiga pada bagian pojok kanan halaman chat.
  2. Kemudian lanjutkan dengan memilih menu account, dan klik pada opsi “delete my account”.
  3. Maka sistem akan meminta kamu untuk memasukkan nomor yang kamu daftarkan untuk akun tersebut. Silakan masukkan dan klik delete yang terletak pada bagian bawah halaman tersebut.
  4. Hasilnya adalah Whatsapp akan kembali pada tampilan awalnya dan meminta kamu untuk meregistrasikan ulang nomor telepon.
  5. Silakan asukkan kembali nomor telepon yang sama, lalu lakukan registrasi ulang. Biasanya kamu sudah akan bisa menggunakan akun tersebut kembali. Namun konsekuensinya adalah semua data yang tersimpan sebelum menggunakan fitur “delete my account” ini akan menghilang secara permanen.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa cara ini memang tidak selalu berhasil. Apalagi jika kamu memang terdeteksi melakukan pelanggaran berat.

Sebaiknya kamu menggunakan akun yang baru saja dan pakai Whatsapp resmi dari platform pengunduhan aplikasi yang resmi pula.

2. Pemblokiran Sementara

Sejumlah pemilik akun Whatsapp yang melakukan pelanggaran ringan terkadang juga mengalami pemblokiran sementara.

Hal ini bisa saja terjadi karena terlalu sering login pada perangkat sama atau berbeda dan beberapa alasan lainnya.

Baca Juga:   Cara Setting Amplifier Karaoke, Suara Jadi Jernih dan Bersih?

Dalam kondisi ini, kamu masih dapat mengatasinya dengan mengikuti cara berikut:

  1. Tunggulah dengan sabar sampai masa blokir tersebut selesai. Biasanya akan ada info terkait lamanya waktu pemblokiran apakah 24 jam hingga 48 jam.
  2. Apabila pemblokiran sementara sudah selesai, saatnya kamu melakukan backup semua data yang ada dalam akun kamu. Kamu bisa memindahkannya pada media penyimpanan lain seperti email atau flashdisk.
  3. Selanjutnya silakan instal ulang aplikasi melalui platform resmi yang menyediakan Whatsapp versi resmi seperti App Store atau Google Play Store.
  4. Kemudian lakukan login ulang dari aplikasi resmi tersebut, sehingga kamu lebih aman untuk memanfaatkan semua fiturnya. Nah, jangan lupa untuk mengaktifkan restore chat agar secara otomatis data chat pada akun yang sebelumnya, bisa pindah otomatis pada aplikasi resmi saat ini.
  5. Terakhir pastikan untuk menghapus aplikasi versi tak resmi, agar tidak memberatkan ketika kamu menggunakan berbagai aplikasi lain pada ponselmu.

Cara Mengatasi Whatsapp yang di Blokir

Atasi Akun Whatsapp di Blokir Orang
Atasi Akun Whatsapp di Blokir Orang

Selanjutnya ada juga masalah pemblokiran yang terjadi saat kamu mengalami masalah dengan rekan bisnis, teman, kerabat atau siapapun sehingga orang tersebut memblokir nomor kamu.

Adapun ciri-cirinya adalah foto profil Whatsapp orang tersebut hilang atau kosong dan chat yang kamu kirim ke nomor yang bersangkutan hanya centang satu.

Nah, cara untuk membuka pemblokiran ini adalah sebagai berikut:

  1. Silakan buka akun Whatsapp kamu, lalu pilih menu setting.
  2. Kemudian kamu lanjutkan dengan memilih change number dengan memasukkan nomor lama kamu pada kolom atas, dan nomor yang baru pada kolom bawah.
  3. Setelah itu tunggu konfirmasi selesai dan biasanya kamu sudah dapat melihat lagi profil Whatsapp pemblokir tersebut. Namun, untuk chatting kamu memang masih harus menunggu si pemblokir mengirim chat kepada terlebih dahulu.
Baca Juga:   Cara Setting DNS pada Android Kamu Agar Browsing Lebih Cepat dan Kencang, No Ngelag!

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan singkat dari kami mengenai cara mengatasi Whatsapp yang di blokir oleh pengguna lain.

Gunakanlah cara tersebut sesuai dengan kondisi pemblokiran yang sedang kamu alami.

Pesannya adalah, supaya pemblokiran tidak terjadi maka kamu harus bijak dalam menggunakan aplikasi Whatsapp tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Baca juga artikel berikut untuk tambahan informasi: