Cara Setting Unifi AP LR, Dapatkan Jangkauan WiFi Jarak Jauh!

RiauOnline.id, Tips dan Trik — Perlu kamu ketahui bahwa cara setting Unifi AP LR tidak tergolong sulit untuk Access Point atau AP dengan banyak koneksi.

Nah, produk dari Ubiquti ini memang berbeda jika kita bangdingkan dengan AP lain, tetapi hasilnya sungguh memuaskan.

Adapun Unifi AP LR memiliki jangkauan luas untuk menyediakan koneksi nirkabel yang berbeda. Selain itu, jarak yang dideteksi cukup jauh dengan kualitas yang tetap bagus pula.

Dengan salah satu kelebihan inilah yang membuat para provider memilihnya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa simak terus artikel berikut ini!

Unifi AP LR

Unifi AP LR
Unifi AP LR

Mungkin orang awam tidak begitu paham dengan produk ini. Ya, Unifi Access Point LR merupakan Access Point yang menggunakan teknologi terbaru.

Adapun teknologi terbarunya ini kita kenal dengan Wireless 801.11 ac.

Lalu bagaimana cara setting Unifi AP LR? Nah, sebelum mengulas lebih jauh tentang setting, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu dengan alat keren ini.

Dengan desainnya yang keren, mampu membuatnya meraih jangkauan WiFi dengan jarak yang jauh.

Selain itu, beratnya yang hanya sekitar 240 gram dengan tombol atur ulang praktis membuatnya makin banyak peminat.

Ukurannya pun termasuk kecil sehingga sangat praktis apabila kamu tempatkan ke berbagai tempat.

Tidak hanya itu, ianya juga tidak akan mengganggu pandangan dan mampu akses hingga 50 klien bahkan lebih. Tentunya akses dengan jangkauan luas dan banyak yang sangat menguntungkan provider.

Alat ini dalam penggunaannya membutuhkan perangkat lain yaitu Unifi AP dan controller.

Adapun Unifi ini sangat cocok jika kamu gunakan dalam skala besar. Penggunaan Unifi bisa mengangses jangkauan, baik beda gedung, ruangan, bahkan dalam satu desa.

Cara Setting Unifi AP LR dengan Mudah

Cara Setting Unifi AP LR dengan Mudah
Cara Setting Unifi AP LR dengan Mudah

Nah, untuk melakukan setting terhadap alat ini hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasinya terlebih dahulu.

Silakan pilih aplikasi unifi pengendali apabila tidak menggunakan cloud key. Lalu instal pada komputer yang kamu gunakan.

Sebenarnya ada cara mudah untuk melakukan setting ini, yaitu dengan cara adopt. Adapun Adopt artinya proses adopsi yang menghubungkan antar perangkat Unifi dengan Unifi  controller.

Untuk cara setting Unifi AP LR yaitu dengan melakukan login ke perangkat Unifi, dan melakukan pengaturan dari perangkat controller.

Nah, supaya proses ini berhasil, ada baiknya apabila kamu mengikuti prosedur berikut ini:

  1. Silakan cek lampu apakah dalam keadaan menyala warna oranye atau berkedip? Jika belum menyala, segera hidupkan terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya dari Unifi controller gunakan IP 192.168.1.254.
  3. Setelah itu kamu bisa menghubungkan Unifi AP ke switch sehingga masuk ke jaringan sama dengan Unifi controller.
  4. Untuk Adopt tidak bisa kamu lakukan bersamaan karena IP yang dimiliki berbeda. IP default 192.168.1.20. harus kamu lakukan adopt satu demi satu agar berhasil.
  5. Kemudian lakukan cek dengan CMD atau SSH dari Unifi controller apabila tidak ada time out sama sekali.

Selanjutnya perhatikan apakah lampu sudah berwarna oranye. Apabila masih hijau, maka lakukan reset sampai lampu indikator berubah oranye.

Jika tidak ada reset, gunakan SSH untuk akses Unifi sehingga bisa mengarahkan informasi url ke IP Unifi controller. Kemudian atur dengan perintah set-inform http://ip-UniFi-controllor:8080/inform dan enter.

Nah, dengan begitu perangkat akan terdeteksi Unifi controller. Jika sudah berhasil dengan tahapan di atas, berikut cara setting Unifi AP LR selanjutnya yang harus kamu ikuti:

  1. Silakan klik centang bawah current site untuk aktifkan profil.
  2. Apabila klik adopt gagal, maka akan muncul menu adopt dan isi datanya. Username serta password yang kamu gunakan ubnt.
  3. Selanjutnya, kamu tidak langsung bisa terkoneksi sehingga harus menunggu beberapa saat. Kamu bisa melakukan refresh dan dapat melihat status terbaru.
  4. Sampai di sini proses selesai, artinya kamu bisa melihat secara otomatis perangkat menyesuaikan. Maksudnya yaitu Unifi AP menyesuaikan dengan profil yang dibuat baik itu password dan SSID.

Dengan melakukan tahapan yang banyak seperti di atas akan lebih memudahkan kamu untuk melakukan setting.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa penjelasan yang bisa admin sampaikan terkait cara setting Unifi AP LR dengan mudah.

Cara ini akan membuat kamu bisa menggunakannya untuk jangkauan luas. Selain itu juga bisa bermanfaat untuk tempat dengan jarak satu dengan lainnya yang cukup jauh.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu ya. Selamat mencoba!

Kamu juga bisa membaca artikel berikut sebagai tambahan informasi buat kamu:

close