Mengupas Arti Kata Dari Istilah Kapasitor

Hijaz.id, Wawasan — Bagi orang awam tentu saja masih merasa bingung ataupun tidak tahu akan arti kata dari istilah “kapasitor”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata dari istilah tersebut memiliki arti kata yakni sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari 2 jenis penghantar dan juga disekat pada bagian tertentu untuk menjaga keseimbangan daya arus listrik pada perangkat elektronik.

Beberapa jenis perkakas elektronik seperti Televisi, Kipas Angin, Sound Tape, dan jenis perkakas elektronik lainnya ini menggunakan kapasitor sebagai penyimpan arus listrik agar arus AC dan juga arus DC menjadi seimbang sehingga terhindar dari masalah konsleting listrik yang dapat menyebabkan kerusakan para perkakas elektronik.

Asal Usul Kata atau Istilah Kapasitor

Asal Usul Kata atau Istilah Kapasitor
Asal Usul Kata atau Istilah Kapasitor

Mungkin beberapa orang beranggapan bahwa kata atau istilah kapasitor ini merupakan penggalan suku kata endemik atau asli dari Bahasa Indonesia ?

Kata atau istilah kapasitor ini berasal dari bahasa Inggris yaitu “capacitor” yang kemudian berasimilasi dan juga diadopsi ke dalam bahasa Indonesia.

Sehingga terdapat perubahan ejaan dan juga pelafalah suku kata sehingga kata tersebut pun masuk ke dalam jenis suku kata asing yang telah diadopsi ke dalam struktur bahasa Indonesia yang sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan dan juga telah tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Baca Juga:   Perjanjian Saragosa dan Titik Awal Bangsa Spanyol Menjelajah Indonesia

Perbedaan Kata Kapasitor dengan Kata Kondensator

Bagi seorang teknisi kelistrikan ataupun teknisi perkakas elektronik tentu saja telah mengenal komponen yang berfungsi sebagai penyimpan arus listrik tersebut.

Namun, bagi orang awam apakah mengerti adakah perbedaan kata antara kapasitor dengan kata kondensator?

Sebab secara ejaan dan juga pelafalan kata pastinya berbeda namun apakah arti kedua kata tersebut juga berbeda ?

Sebenarnya, kedua jenis kata tersebut memiliki arti yang sama yakni sama sama sebagai komponen eletronik yang berfungsi sebagai penyimpan dan penyeimbang arus listik perkakas elektronik yang  terdiri dari 2 jenis penghantar yang telah disekat sebelumnya.

Selain itu, kedua istilah kata tersebut juga sama sama berasal dari kata bahasa asing yang kemudian diadopsi ke dalam jenis suku kata Bahasa Indonesia yang baku dan telah sesuai dengan tata bahasa Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Namun, yang membedakan dua jenis kata tersebut adalah model atau desain dari kedua komponennya saja.

Sebab kondensator ini adalah komponen penyimpan dan penyeimbang arus listrik yang memiliki kutub positif (+) dan juga kutub negatif (-).

Sedangkan kapasitor ini meruapakan komponen penyimpan dan penyeimbang arus listrik yang tidak memiliki kutub penghantar arus listrik.

Fungsi dari Istilah Kata Kapasitor

Sebagai jenis suku kata yang telah sesuai dengan tata bahasa Ejaan Yang Disempurnakan serta telah terdaftar di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),

kata kapasitor ini tentu saja memiliki fungsi dalam pelafalan dan juga maksud dari arti kata tersebut.

Baca Juga:   Bagaimana Hukumnya Mendengarkan Ghibah?

Maka dari itu, inilah beberapa fungsi dari istilah kata yang diadopsi dari bahasa Inggris tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Menunjukkan Suatu Benda

Fungsi yang pertama dari sebuah istilah kata yang diadopsi dari bahasa asing ini adalah menunjukkan suatu benda.

Ya, kata tersebut masuk ke dalam jenis kata benda yang berarti menunjukkan jenis benda yang tengah dilafalkan oleh seseorang yang menyebut kata tersebut.

Menunjukkan Sebuah Komponen Elektronik

Fungsi yang kedua adalah menunjukkan bahwa kata tersebut merujuk pada jenis komponen elektronika. Jadi, istilah kata tersebut menunjukkan kata benda yang lebih spesifik.

Manfaat dan Kegunaan dari Kapasitor

Bagi beberapa orang awam yang tidak paham tentang teknis perkakas elektronik tentu saja tidak mengerti dan mengetahui tentang manfaat dan kegunaan dari kapasitor.

Oleh sebab itu inilah beberapa manfaat dari jenis komponen elektronik. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Sebagai Filter Atau Penyaring Gangguan dan Hambatan Tegangan Listrik Dari Luar Perangkat Elektronik

Manfaat yang pertama dari perkakas elektronik yang mirip dengan kondensator ini adalah sebagai penyaring atau filter akan adanya gangguan dan hambatan tegangan listrik dari luar perangkat elektronik.

Biasanya gangguan dan hambatan tersebut datang dari jenis perangkat elektronik seperti Televisi ataupun Radio.

Sebagai Penghemat Daya Listrik

Manfaat yang kedua dari kapasitor adalah sebagai penghemat daya listrik. Namun tidak semua perangkat elektronik yang mampu dihemat dayanya oleh perangkat yang mirip dengan kondensator ini.

Hanya saja komponen elektronik tersebut mampu menghemat daya ketika digunakan pada lampu neon saja.

Baca Juga:   Fungsi Tulang Atas Pada Tubuh Manusia

Sebagai Pembangkit Sinyal

Komponen elektrik yang satu ini juga berfungsi sebagai pembangkit sinyal khususnya pada  perangkat elektronik seperti Radio ataupun Televisi yang tentunya membutuhkan antena untuk menghasilkan gambar ataupun suara yang jernih.

Sebagai Konduktor dan Isolator Arus Listrik

Komponen elektrik yang satu ini juga berfungsi sebagai konduktor pada arus listrik jenis alternating current (AC) dan menjadi isolator atau penghambat arus listrik pada arus listrik jenis Direct Current (DC).

Kekurangan Menggunakan Komponen Elektronik Kapasitor

Tidak semua menggunakan komponen elektrik jenis kapasitor ini menguntungkan. Sebab, beberapa orang justru mengalami kekurangan bahkan kerugian ketika menggunakan komponen tersebut.

Karena komponen penyeimbang arus listrik tersebut dipasang secara seri dan juga paralel sehingga inilah beberapa kekurangan menggunakan komponen elektronik tersebut secara seri dan paralel.

Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Kekurangan Dengan Jenis Rangkai Seri
  2. Apabla salah satu komponen mengalami masalah maka semua rangkaian juga mengalami masalah yang sama
  3. Pembagian arus listrik yang tidak merata antar rangkaian
  4. Apabila dipasang di dalam rangkaian lampu maka nyala lampu tidak terlalu terang
  5. Kekurangan Dengan Jenis Rangkaian Paralel
  6. Biaya dalam pembuatan sirkuit rangkaian paralel lebih sukar dan lebih mahal dalam proses perakitannya sehingga membutuhkan biaya lebih banyak dibandingkan dengan pembuatan sirkuit rangkaian jenis seri.
  7. Kurang efisien dan efiktif dalam proses penghantaran arus lisrik.

Kapasitor merupakan salah satu komponen elektronik yang berfungsi sebagai penyimpan dan juga penyeimbang arus listrik jenis AC maupun DC.

Hampir semua perangkat elektronik ini dibekali dengan komponen elektronik yang mirip dengan kondensator ini guna mencegah konsleting dan kendala kelistrikan lainnya.