Cara Setting Modem Indihome, Internet No Lelet!

RiauOnline.id, Internet — Untuk bisa mendapatkan akses internet super cepat tanpa lelet salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan modem Indihome.

Tak perlu bingung, cara setting modem Indihome bisa dikatakan praktis dan mudah. Banyak pelanggan yang puas setelah memakai jaringan internet Indihome ini.

Saat ini kebutuhan jaringan internet sama halnya seperti kebutuhan pokok. Kemajuan dunia online berkembang semakin pesat dari hari ke hari.

Melalui media sosial, seorang individu bisa menjangkau di manapun individu lain berada dan lebih dekat.

Namun hal ini akan terhambat jika jaringan yang kamu gunakan lelet. Untuk itu, baca artikel berikut untuk mengetahui cara setting agar wifi kamu tidak lelet lagi.

Beginilah Cara Setting Modem Indihome yang Benar

Indihome sendiri pada dasarnya memiliki banyak variasi, menyesuaikan dengan kecepatan yang kamu inginkan.

Adapun dalam pembahasan kali ini admin akan berbagi informasi terkait cara setting Indihome untuk tipe ZTE F609, yaitu sebagai berikut:

1. Memastikan Terhubung Router Indihome

Memastikan Terhubung Router Indihome
Memastikan Terhubung Router Indihome

Nah, langkah awal yang harus kamu lakukan untuk pengaturan pada Indihome adalah pastikan terlebih dahulu bahwa router Indihome telah terhubung dengan benar.

Untuk cara menghubungkannya dapat melalui wireless atau wired (LAN).  

Ada banyak penyebab jaringan internet suka looding lama. Bisa jadi karena sambungan router yang tidak terpasang dengan benar.

Oleh sebab itu, penting untuk mengecek router yang telah terpasang secara berkala

2. Aplikasi Browser

Untuk langkah berikutnya, silakan buka aplikasi browser kamu, misalnya Mozilla atau Chrome. Router Indihome biasanya sudah disetting DHCP dan menggunakan IP 192.168.1.1 atau juga bisa kamu cek secara mandiri.

Nah, cara mengecek IP secara mandiri yakni dengan menekan “Control Panel”, kemudian pilih “Network & Internet”.

Lalu lanjut dengan klik “Network Conections”. Setelah itu pilih double klik Ethernet yang kamu gunakan (LAN/ WAN). Langkah terakhir pilih “Details”.

Sebelum pada tahap akhir memilih “Details”, maka akan muncul IP dan gateway jaringan yang akan kamu gunakan pada modem Indihome.

Kamu harus memasukan IP dan gateway dengan benar.

3. Cara Setting Modem Indihome dengan IP Gateway

IP Gateway
IP Gateway

Cara ketiga silakan kamu buka Chrome atau sejenisnya. Kemudian masukkan pada bagian URL, IP Gateway router modem sesuai yang sedang kamu gunakan, yakni 192.168.0.1.

Ketika berada pada tahap ini maka akan muncul tampilan login pada router.

4. Default User dan Password

Untuk Default user dan password pada Indihome tipe ZTE F609 adalah “user= user” dan” password= user”. Dalam pengetikannya harus menggunakan huruf kecil semua.

5. Cara Setting Modem Indihome dengan Pengaturan

Pengaturan
Pengaturan

Tahap awal pengaturan yang harus kamu lakukan, yaitu mengatur ulang “mode”. Tujuannya agar akses internet lebih cepat.

Oleh karena itu gunakan mode yang terbaru yakni seri b/g/n.

Nah, untuk cara mendapatkan fitur mode terbaru yakni pada bagian “Network”, lalu WLAN, dan “Basic”. Kemudian pilih channel wifi kita.

Hal ini pada dasarnya akan berpengaruh pada kinerja wifi kita. Artinya banyaknya wifi di sekitar kita bisa mengakibatkan interferensi jaringan.

Dengan adanya interferensi jaringan atau tumpang tindih jaringan dengan wifi kita menyebabkan hasil kurang maksimal alias jaringan bisa lemot.

Nah, channel akan dianggap bagus apabila masih kosong atau memilih channel antara 1, 6, dan 11. Hal ini karena jarak antar channel berjauhan.

Apabila wifi pada Indihome diperuntukan untuk keluarga inti saja atau tidak kamu sebar luaskan, maka gunakan fitur hide SSID.

Hal ini bertujuan untuk menghindari wifi bisa diakses oleh orang lain, sehingga menurunkan daya kecepatan pada jaringan internet di rumah kamu.

Pada hide SSID berlaku autentikasi sebanyak dua kali, yaitu memasukkan SSID dan password. Apabila tahapannya benar, maka pengguna akan terkoneksi dengan jaringan internet wifi kamu.

Untuk cara menyetting fitur hide SSID, yakni dengan menekan “Network”, kemudian “Wlan”, lalu “SSID Setting”. Selanjutnya centang bagian “enable hide SSID” dan “enable SSID”.

Tidak hanya itu, untuk menjaga perfoma juga bisa dengan membatasi user dengan cara setting pada “maximum clients”.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan singkat dari admin terkait cara setting modem Indihome yang bisa meningkatkan perfoma kecepatan pada jaringan internet kamu.

Tidak hanya itu, wifi Indihome akan terasa lebih privasi ketika penggunaannya dan tingkat keamanan data lebih aman.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ya guys!

Baca juga artikel berikut untuk tambahan informasi buat kamu:

close