RiauOnline.id, Umum — Seperti yang kita ketahui bahwa Microsotf Excel menjadi salah satu software yang fungsinya sangat membantu untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, termasuk Cara Menghitung Masa Kerja Pada Excel ini.
Salah satunya adalah cara menghitung masa kerja pada Excel secara otomotasi maupun memakai langkah manual.
Pada umumnya perhitungan masa kerja ini akan kita gunakan untuk pengelolaan pegawai terutama memberikan upah atau gaji.
Oleh karenanya jika Anda sebagai seorang karyawan maka wajib mengetahui cara perhitungan masa kerja.
Dengan begitu Anda dapat melakukannya sendiri dan memperkirakan masa gajian.
Baca juga : Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Statistika
Daftar Isi
Cara Menghitung Masa Kerja Super Mudah
Ada dua cara Cara Menghitung Masa Kerja menggunakan Excel Bagi Karyawan yang bisa kamu lakukan dengan mudah dengan menggunakan Microsoft Excel.
Langkah-langkah ini bisa memudahkan pekerjaan kamu dalam menghitung masa kerja karyawan ataupun untuk diri kamu sendiri secara pribadi.
Mudah banget kok!
Ini nggak seribet yang kamu bayangkan. Hanya saja, kita tidak pernah benar-benar memahami beberapa langkah yang harus kita lakukan.
Berikut ini ada beberapa penjelasan yang bisa kamu jadikan referensi dalam menentukan masa kerja karyawan kamu.
Simak penjelasan selengkapnya:
1. Menghitung Masa Kerja dengan Otomatis
Cara menghitung masa kerja yang pertama adalah secara otomatis. Perhitungan ini bisa kita gunakan untuk karyawan swasta maupun negeri alias PNS.
Jika pada PNS umumnya memakai NIP sebagai acuannya. Adapun NIP sendiri terdiri dari 18 digit angka.
Dengan proporsi antara angka 1 hingga 8 merupakan tanggal lahir dari pegawai.
Digit 9 hingga 14 merupakan informasi CPNS, digit 15 adalah jenis kelamin dan digit 16 hingga 18 merupakan urutan.
Secara garis besar dalam menghitung masa kerja ini Anda harus membuat kolom baru dahulu.
Tuliskan nama Tanggal Masuk dengan isian nilai dari kolom NIP. Kemudian masukkan rumus Mid untuk mengambil digit 9 hingga 14 dari NIP yang dimiliki.
Sederhananya seperti berikut ini.
- Silahkan Anda buat tabel daftar pegawai terlebih dahulu. Isinya kolom NIP, Masuk, Masa Kerja, dan Nama.
- Silahkan isi di kolom NIP beserta nama terlebih dahulu dan pada kolom masuk ketikkan rumus MID. Akhiri dengan klik enter untuk mengetahui hasil yang kita inginkan.
2. Menghitung Masa Kerja Secara Manual
Sebenarnya ada beragam jenis cara menghitung masa kerja yang dapat kita gunakan untuk berbagai keperluan. Namun pada penjelasan kali ini hanya kita fokuskan terhadap penggunaan 2 metode saja.
Jika tadi sudah ulas untuk menghitung secara otomatis sekarang memakai cara yang manual.
Baca juga : Cara Menghitung Standart Deviasi di Excel Bagi Pemula
Cara menghitung masa kerja secara manual ini menggunakan metode Detedif. Adapun langkah-langkahnya ada berikut ini.
- Bukalah software Microsoft Excel dan silahkah buat tabel.
- Isikan tabel tersebut dengan kolom tanggal masuk, masa kerja, dan nama. Lengkapi terlebih dahulu kolom nama beserta tangal masuk.
- Perlu kamu ingat pada kolom tanggal masuk ini jangan sampai lupa untuk merubah format penulisan menjadi Date.
- Lakukan blok kolom dan klik kanan. Nanti akan muncul beberapa opsi, silahkan klik bagian Format Cell dan klik Date kemudian akhiri OK.
- Lanjutkan dengan memasukkan rumus =Detedif(C2;TODAY();”Y”)
- Pada sel pertama silahkan Anda klik, kemudian drag atau klik kiri kemudian tahan. Pada bagian kanan bawah sel umumnya akan terdapat tanda tambah hitam kemudian tarik supaya kolom lainnya terisi. Langkah selesai dan Anda bisa melihat hasilnya.
Melihat kedua cara tersebut sebenarnya ada kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Sehingga lebih baik jika Anda menyesuaikan dengan kemampuan untuk menerapkan cara yang mana.
Jadi salah satunya pun bisa kamu pilih. Jika ingin lebih cepat gunakan cara pertama jika ingin pelan-pelan pakai cara yang manual saja.
Kesimpulan
Demikianlah ulasan menarik terkait cara menghitung masa kerja dengan manual dan otomatis yang dapat Anda terapkan.
Menghitung masa kerja ini dapat dilakukan oleh semua karyawan.
Sehingga kalau Anda ingin mandiri dengan mengetahui masa kerja sendiri dapat langsung mencoba dengan laptop atau komputer pribadi.
Oh ya, kamu juga bisa mendapatkan informasi lainnya berikut ini:
- Cara Menghitung Persentase di Excel, Ini Trik Berbagai Perhitungan Mudahnya!
- Menghitung Pajak Penghasilan Orang Pribadi, Paling Simple Kok!
- Cara Menghitung Jumlah Pada Excel Beserta Rumusnya, Ini Trik Mudahnya!
- Menghitung Kebutuhan Besi Dengan Excel Paling Gampang
- Cara Menghitung Nilai Rata-Rata Pada Statistika yang Benar
Semoga beberapa informasi ini bermanfaat, selamat mencoba ya!