Coba Yuk Cara Setting Equalizer Head Unit Mobil Paling Mudah Berikut Ini

Riauonline.id, Tips dan Trik — Saat ini mobil keluaran terbaru banyak menyematkan sistem audio premium dengan mengusung brand¬†yang ternama dalam produksinya.

Tetapi apalah artinya menggunakan sistem audio premium apabila kamu tidak tahu cara setting equalizer pada head unit mobil yang kamu punya.

Biasanya equalizer digunakan untuk menyeimbangkan suara yang dikeluarkan oleh sound system pada mobil.

Hal ini membuat frekuensi suara tidak ada yang kurang ataupun berlebihan dan membuat suara terdengar jernih dan enak untuk kamu dengar.

Bagi kamu pengguna mobil, kebutuhan memiliki sound system yang enak untuk kamu dengar sangatlah penting.

Sebab bisa mengisi kebosanan dengan mendengarkan lagu yang ada. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengatur head unit audio system mobil.

Umumnya head unit sistem audio mobil dirancang dengan standarisasi sesuai sistem dari pabrik produksinya.

Nah, ini bisa kamu tingkatkan lagi untuk kualitas suaranya, apabila kamu tau cara setting equalizer pada head unit mobil. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut!

Cara Setting Equalizer Head Unit Mobil

Cara Setting Equalizer Head Unit Mobil
Cara Setting Equalizer Head Unit Mobil

Apabila head unit mobil kamu sudah terdapat equalizer, maka untuk meningkatkan kualitas suaranya kamu bisa mengikuti cara setting seperti berikut:

Persiapan Pengaturan Equalizer

Kamu perlu menyiapkan 2 hal untuk mengisi equalizer, yaitu:

  1. Lagu : Lagu atau track ini berisikan pingnoise yang merupakan suara yang berisikan frekuensi 20-20 kilohertz dibunyikan dengan tingkat kekerasan atau amplitudo yang sama.
  2. Smartphone : Bagi kamu pengguna android, smartphone bisa kamu gunakan untuk menangkap frekuensi respon dengan cara download aplikasi RTA audio analyzer. Mikrofon smartphone kamu berfungsi untuk menangkap frekuensi 20-20 kilohertz.

Pengaturan Equalizer

Pengaturan Equalizer
Pengaturan Equalizer Mobil

Adapun untuk melakukan pengaturan equalizer mobil langkah-langkah yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Silakan kamu masuk ke menu audio dan pilih equalizer, lalu posisikan equalizer pada posisi flat lurus, atau tidak ada equalizer.
  2. Kemudian putar lagu atau track yang berisi pignoise yang berisikan frekuensi 20-20 kilohertz, jangan lupa kamu bunyikan dengan tingkat kekerasan atau amplitudo yang sama.
  3. Selanjutnya posisikan mikrofon smartphone kamu untuk menangkap suara pingnoise yang sedang kamu putar.
  4. Lalu perhatikan pada smartphone kamu dan buka menu aplikasi RTA audio analyzer, apakah frekuensi respon suara berada pada posisi rata yaitu frekuensi 20-20 kilohertz.
  5. Apabila pada hasil RTA audio analyzer ada frekuensi respon suara melebihi atau kurang dari frekuensi suara. Maka kamu dapat mengatasinya dengan cara masuk ke menu equalizer dan mulai mengatur keseimbangan suara yang dikeluarkan oleh sound system. Biasanya keseimbangan suara target yaitu pada 72 db.
  6. Setelah itu, jika sudah kamu dapati keseimbangan suara yang kamu inginkan, jangan lupa pada memori untuk simpan pada memori equalizer.
  7. Apabila kamu ingin memastikan apakah equalizer yang sudah kamu setting pada head unit mobil sudah sudah dalam posisi benar atau belum, kamu bisa memeriksanya dengan cara:
    • Buka track lagu pada menu sound system pada mobil kamu.
    • Lalu pilihlah lagu yang biasa kamu dengar. Atur volume suara sesuai dengan kebiasaan kamu mendengar lagu tersebut.
    • Selanjutnya masuk ke menu equalizer, dan bandingkan pada posisi flat dengan memori equalizer yang sudah kamu simpan sebelumnya.
    • Setelah itu dengarkan suara yang keluar dari sound system dan bandingkan mana suara yang lebih enak untuk kamu dengar, apakah dalam posisi flat atau dalam posisi memori yang sudah kamu simpan.
    • Apabila lebih enak terdengar pada posisi memori yang sudah kamu simpan, berarti setting equalizer yang kamu lakukan sudah benar.

Akhir Kata

Bagaimana, sangat mudah bukan untuk mencoba cara setting equalizer pada head unit mobil kamu?

Nah, pengaturan ini berfungsi untuk menghadirkan keluaran suara yang enak untuk kamu dengar.

Demikianlah penjelasan singkat dari admin, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu ya.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel berikut ini sebagai informasi tambahan:

close