Ide Bisnis Mahasiswa Dengan Modal Kecil dan Untung Besar, Kamu Bisa Coba Nich!

Ada banyak Cara, Jenis dan Ide Bisnis Mahasiswa dengan Modal Kecil dan Untung Besar, Bisa menjadi alternative Kamu di waktu Senggang

RiauOnline.id, Ide Bisnis Mahasiswa – Di kala Dunia sedang di landa Pandemi Covid 19, kesulitan terhadap penghasilan memang sangat berasa.

Kebebasan beratifitas sedikit terbatas dan di tambah lagi dengan ‘kecemasan’ terinfeksi virus corona yang sedang merabak.

Ini menjadi hal yang tentunya sangat sulit!

Bayangin aja…

Orang yang biasanya mangkal ‘ngojek’ harus sedikit berhati-hati, belum lagi ditambah dengan aturan PSBB yang mengharuskan kita sejenak untuk berhenti aktifitas di luar.

Warung Kopi yang biasanya ramai harus berubah secara signifikan menjadi sepi. Tak sekedar ‘takut’ pada larangan pemerintah, namun memang keadaan yang mengharuskan banyak orang untuk sedikit berjaga jarak demi memutuskan ‘rantai Virus Corona’ yang terus menghantui kita.

Bagaimana dengan Mahasiswa?

Apakah kamu juga termasuk yang merasakan dampak dari ‘Pandemi Covid 19’ ini? Saya rasa ‘ya’, tentu saja kamu merasakan ini.

Karena tidak semua mahasiswa atau mahasiswi yang hanya memiliki rute ‘Kampus – Kos’, ada sebagian dari mereka yang harus sambil bekerja demi memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka sebagai mahasiswa.

Tak sepenuhnya bertumpu pada ‘kiriman orang tua’ mereka!

…Benar nggak?

Pengalaman saya pribadi sebagai mahasiswa lebih banyak waktu bekerja dan memiliki jadwal ‘fix’ untuk kuliah.

Semua bebean kuliah saya tanggung sendiri dan tidak ingin membebankan sepenuhnya kepada orang tua saya.

Bahkan, sewaktu saya memiliki penghasilan yang lebih dikirimkan kepada orang tua demi membantu perekonomian mereka yang juga sedikit sulit.

So…

Kali ini saya ingin sedikit memberikan gambaran kepada teman-teman atau adik-adik saya yang masih bergelut di bangku perkuliahan tentang bagaimana bisa membiayai perkuliahan sendiri.

Sebagai gambaran….

Jadwal kuliah sebenarnya tidaklah terlalu padat seperti ‘Jadwal Para Anggota Parlement ‘ kita, masih banyak kok waktu luang yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan banyak uang dan membiayai perkuliahan sendiri.

Sedikit tidak kamu dapat mengurangi beban orang tua kamu!

Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri dengan hidup mandiri. Apalagi bisa menghasilkan lebih dan dapat membantu perekonomian keluarga.

…Lalu,

Mengapa kamu tidak menggunakan waktu luang di luar jadwal kuliah kamu dengan melakukan beberapa aktifitas yang bisa menghasilkan ‘uang’.

Tak ada paksaan sih!

Bayangin aja nih, setiap bulan kamu harus menunggu kiriman dari orang tua. Belum pertengahan bulan, duit sudah habis. Kebutuhan membeli perlengkapan kuliah tiba-tiba saja meuncul, dosen suruh beli buku dan lain sebagainya.

Disaat bersamaan…

‘Garapan Sawah’ miliki orang tua kamu belum panen atau jika orang tua kamu Pengawai Negeri belum gajian.

Ini bisa menjadi salah satu alas an mengapa kamu harus pandai ‘sambilan bekerja’ diluar jadwal perkuliahan kamu.

Bingung! Harus ngapain?

Iya sih! Terkadang mulai berfikir harus kerja apa? Cari kerja dimana? Masih mahasiswa, mau nggak mereka terima saya sebagai pekerjanya?

Di awal tadi sudah saya sampaikan…

Kamu bisa menyesuaikan kondisi perkuliahan kamu, waktu luang yang kamu punya dengan jenis pekerjaan yang bisa kamu kerjakan.

Harus ada kalkulasi tentang ini!

Terlihat sepele sih, namun inilah yang harus kamu lakukan! Dengan begini kamu bisa membuat perkiraan pekerjaan apa yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang kamu.

So, kali ini…

Saya ingin berbagi jenis pekerjaan/ bisnis yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu senggang kamu sebagai mahasiswa.

UPDATE TERBARU:   Analisi & Rincian Modal Bisnis Jilbab Online, Coba Dech Ide Bisnis yang satu ini, Pasti Untung!

Update Ide Bisnis:
Oh ya, kamu juga bisa baca Cara Persiapan Kolam Usaha Budidaya Ikan Mujair! Untuk kamu yang ingin mencoba memulai usaha sampingan Budidaya Ikan Mujair.

1. Jasa Penulis Artikel Online

Ide Bisnis Mahasiswa
Ide Bisnis Mahasiswa | Img Via Idntimes.com

Mungkin ini terdengar sedikit aneh buat kamu…

Ya! Memang hal ini tak banyak dilakukan oleh kebanyakan orang pada umumnya. Apalagi kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa.

…Kurang percaya diri sih dengan hasil tulisan sendiri?

Diawal mengerjakan ini, mungkin kamu akan sedikiti kurang percaya diri. Namun, kamu hanya membutuhkan sedikit waktu untuk melatih diri kamu.

Laptop punya!

Ini bisa menjadi asset berharga kamu. Selain kamu gunakan untuk perkuliahan, laptop yang kamu miliki juga bisa menjadi alat bekerja di waktu luang kamu.

Nah, saat ini ada banyak web atau perusahaan yang membutuhkan jasa penulis Online ini.

Atau…

Kamu bisa saja bekerja sama dengan website tertentu dan menjadi penulis lepas mereka. Kamu akan di bayar setiap kali menulis artikel yang di publis di web tersebut.

Saya ambil salah satu contoh situs berita Online besar tanah air bernama IDNTIMES.COM, mereka akan membayar setiap orang yang menulis di website mereka.

Setiap artikel yang kamu tulis tersebut akan di review oleh team mereka dan apabila publish maka artikel kamu akan di hitung berdasarkan traffic.

Pertanyaannya, apa ada yang mau baca?

Hi guys! Situs Online sebesar IdnTimes memuliki jutaan traffic tiap bulannya. Kamu tak perlu khawatir apakah ada yang membaca atau tidak. Mereka merupakan perusahaan ternama dan sudah memiliki nama besar.

Tugas kamu hanyalah memperbaiki kualitas tulisan kamu agar menjadi lebih baik. Dengan demikian maka dengan sendirinya akan diikuti oleh ‘rupiah’ yang lumayan.

Nah, selain IdnTimes ini masih ada banyak situs online yang bisa kamu jadikan lading penhasilan melalui tulisan-tulisa terbaik kamu.

Coba dech!

2. Bisnis Toko Online/ OlShop

Bisnis Toko Online/ OlShop
Bisnis Toko Online/ OlShop | Img Via Hipwee.com

Sudah banyak orang yang mencoba ini!

Ini terlihat sepele dan simple, tapi bisa menjadikan kamu berpenghasilan luarbiasa. Jika kamu memanfaatkan media social kamu dengan baik maka ini akan menjadi salah satu lading bisnis kamu dimasa depan.

Memulailah dengan hal sederhana!

Jika kamu punya hobi membuat ‘kue’ maka ini bisa kamu manfaatkan untuk menjadi lahan bisnis baru kamu.

Jangan lupa! Perhatikan ‘Trend’ yang sedang berlangsung!

Kamu bisa memanfaatkan trend ini untuk mencari uang. Lakukan sedikit inovasi dan buat apa yang kamu bisa untuk kamu pasarkan melalui Toko Online kamu.

‘Ah, saya nggak punya skill buat jajanan!’

‘Harus buat apa ya?’

Ini bukan masalah yang jadi penghambat kamu dalam memulai bisnis Online kamu. Jika tidak bisa mengapa harus dipaksakan membuat sesuatu.

Kamu bisa memanfaatkan sesuatu yang sudah jadi. Disini, kamu sebagai reseler atau pemasar ulang lagi. Ini akan tak kalah bagusnya.

Misalnya nih…

Secara lagi trend cewek-cewek makai ‘Jilbab A’, kamu bisa manfaatkan momen itu. Coba lakukan browsing internet atau aplikasi Toko Oline seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan masih banyak yang lainnya.

UPDATE TERBARU:   Cara Menghitung ROI Bagi Pebisnis Awal, Tentukan Kelanjutan Bisnis Kamu!

Cari ‘Jilbab A’ yang sedang trend tadi…

Nah, selanjutnya…

Kamu bisa memulai memainkan Facebook atau Instagram kamu untuk melakukan promosi. Tentu apa yang kamu promosikan itu sudah di kalkulasikan keuntungan, modal dan ongkir.

Jangan terlalu focus pada keuntungan yang besar, cari langganan dulu! Jika sudah merasa nyaman maka mereka akan terus berlangganan dengan kamu.

Ingat!

Tidak semua orang ‘berani’ berbelanja di aplikasi Toko Oline seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada dan masih banyak yang lainnya.

Terkadang mereka lebih nyaman berbelanja dengan orang yang sudah mereka kenal dan bayar ketika barang sudah sampai di rumah mereka.

Simple kan!

Ini baru satu ide!

Masih banyak ide lain yang bisa kamu lakukan ketika ingin membuka Toko Online ini.

Kamu hanya perlu sedikit ‘mengeksplorasi’ kepala kamu harus melakukan apa dan harus berjualan apa. Baca referensi dan perbanyak pengetahuan kamu.

Ini akan membuat usaha kamu lebih baik dan akan berkembang.

3. Bisnis Desain Grafis

Bisnis Desain Grafis
Bisnis Desain Grafis

Bagaimana dengan Bisnis Desain Grafis?

Ini membutuhkan keahlian khusus? Apakah seorang mahasiswa bisa menggeluti bisnis ini?

Pada dasarnya…

Jika seseorang mau belajar, taka da hal yang tak bisa dilakukannya. Hanya saja, butuh sedikit proses untuk mencapai puncak keberhasilan dari hal tersebut.

Saat ini, semuanya ada di ‘genggaman kita’, hanya butuh kemauan dan sedikit ketekunan kita untuk belajar menuju sebuah kesuksesan.

Manfaatkan semua media social yang kamu miliki.

Promosi secara wajar dan tepat sasaran!

Ada Instagram, Facebook, twitter atau media social lainnya. Kamu bisa memanfaatkan ini semua untuk keperluan bisnis yang sedang kamu geluti.

Jika kamu masih merasa kurang dalam hal ‘skill editing’ atau desain Grafis ini maka kamu bisa melihat banyak tutorial yang ada di YouTube.

Belajarlah di sana!

Ada banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan dari platform yang satu ini. Selagi ada kemauan, pasti bisa!

4. Peluang Usaha Mahasiswa dengan Berjualan Pulsa dan Paket Data

Peluang Usaha Mahasiswa dengan Berjualan Pulsa dan Paket Data
Peluang Usaha Mahasiswa dengan Berjualan Pulsa dan Paket Data

Pernah nggak kamu berfikir tentang hal sederhana ini?

‘Ah, sepele banget idenya….’

Terdengar sepele sih…

Tapi…

Kamu pasti sependapat dengan saya jika setiap orang pasti membutuhkan Pulsa dan Paket Data. Benar nggak? Termasuk kamu kan?

Sehari nggak ada Paket Data aja kamu uda pusing tujuh keliling…

Benarkan?

Mengapa kamu nggak mengambil peluang dari kebutuhan orang terhadap pulsa dan paket data ini menjadi peluan Bisnis kamu.

Ini memang terdengar sepele dan murahan! Tapi jika ada factor kali pada setiap keuntungannya maka ini juga akan menjadi besar.

Dengan catatan…

Kamu konsisten dan komitmen dengan keuntungan yang kamu dapatkan. Meski kecil, ini akan banyak jika kamu kalikan dengan banyaknya proses transaksi yang kamu lakukan.

Ini nggak ‘sesepele’ yang ada di kepala kamu lho! Kalau untung tak mencukupi mengapa ada banyak orang yang tergiur membuka usaha ‘Counter Pulsa’?

Kamu bisa memanfaatkan Kontak ‘Whatapp’ kamu, follower Instagram kamu, ini semua bisa menjadi pelanggan pertama kamu.

Jika ingin melangkah lebih jauh maka mulailah dengan satu langkah pertama kamu, karena memulai satu langkah pertama kamu akan membawa kamu ke langkah selanjutnya.

Ini pemikiran sederhananya!

5. Ide Bisnis Mahasiswa dengan Menjadi Blogger

Ide Bisnis Mahasiswa dengan Menjadi Blogger
Ide Bisnis Mahasiswa dengan Menjadi Blogger

Pernah dengar Blogger?

UPDATE TERBARU:   4 Cara Menghitung Kebutuhan Besi Dengan Excel Paling Gampang

Mungkin perkerjaan jenis ini jarang dilakoni oleh banyak orang Indonesia. Namun, kamu harus tahu ada banyak Blogger dengan penghasilan ‘tinggi’ yang berasal dari Indonesia.

Apa sih blogger itu?

Jika kamu belum terlalu paham dengan jenis pekerjaan ini maka sebaiknya kamu harus banya-banyak browsing dan mencari informasi tentang blogger ini.

Dari sebuah blog atau website kamu bisa mendapatkan penhasilan yang tidak sedikit. Namun, kamu harus konsisten dan banyak belajar dari ahlinya.

Memang tak ada yang instan!

Bahkan ‘Mie Instant’ pun harus direbus dulu sebelum dimakan. Inilah proses, kamu harus melalui sebuah proses panjang untuk mencapai sebuah kesuksesan.

Blogger itu lebih banyak menulis…

Kamu harus memiliki skill menulis jika ingin terjun ke dunia blogger ini. Ketekunan dan keseriusan diperlukan untuk menjadi seorang blogger.

Jika ini sudah kamu miliki maka hasil terbaik pasti akan mengikuti kamu sesuai dengan usaha yang sudah kamu lakukan.

Ini bisa menjadi salah satu yang bisa kamu lakukan guys!

Manfaatkan semua waktu kosong kamu untuk ‘ngeblog’, ini lebih baik dibandingkan kamu harus nongkrong nggak jelas diluaran sana.

Selain menghasilkan, ini bisa jadi sumber penghasilan yang tak terduga bagi kamu!

Coba dech!

6. Ide Bisnis Jualan Makanan Ringan Untuk Mahasiswa

Ide Bisnis Jualan Makanan Ringan Untuk Mahasiswa
Ide Bisnis Jualan Makanan Ringan Untuk Mahasiswa

Lagi-lagi saya harus bilang ‘Manfaatkan Media Sosial’ kamu!

Ini bisa menjadi ‘senjata ampuh’ untuk kamu melakukan apapun. Termasuk memulai Bisnis Jualan Makanan Ringan.

Setidaknya…

Mereka yang ada di Kontak Whatapp dan follower di Instagram kamu bisa menjadi pelanggan tetap kamu.

Ketika kamu memulai usaha ini maka kamu bisa memanfaatkan Story di WA atau di Instagram kamu. Ini bisa menjadi media promosi yang ampuh.

Yang tersulit adalah memulai usaha tersebut…

Jika kamu sudah mampu memulainya maka dengan sendirinya pelanggan akan datang dengan promosi yang sudah kamu lakukan.

Jangan cepat puas dengan capaian yang sudah kamu dapatkan dari usaha ini. Terus lakukan inovasi dan promosi, inilah yang membuat orang tetap mengenal usaha kamu.

Diawal…

Mungkin kamu akan merasa sedikit ragu jika usaha kamu ini akan berjalan atau tidak, jangan pusingkan hal tersebut. Tetap berjalan sesuai dengan rencana kamu, InsyaAllah semua akan berjalan dengan baik.

7. Bisnis Jasa Pengetikan dan Print

Bisnis Jasa Pengetikan dan Print
Bisnis Jasa Pengetikan dan Print

Bagaimana dengan ide Bisnis Mahasiswa yang satu ini?

Are you agree with this Bussines?

Ini keren lho! Sangat sesuai dengan kebutuhan dan raung lingkup yang kamu miliki. Dominan kehidupan kamu akan bergaul dengan banyak mahasiswa lainnya.

Kamu bisa mengambil peluang ini!

Jadikan lingkungan kamu ini sebagai ide Bisnis baru kamu. Kamu bisa menyesuaikan waktu kuliah dan usaha kamu ini.

Putar otak kamu!

Bagaimana agar bisnis kamu ini bisa berjalan dengan baik dan bisa menguntungkan. Jangan menjalankan sesuatu yang kamu hanya mendapatkan ‘capeknya’ saja.

Kamu punya banyak teman di kampus!

Mereka selalu ada banyak tugas, sama halnya seperti kamu yang sering ‘kebingungan’ mau buat tugas dimana.

Ini bisa menjadi salah satu ide bisnis Mahasiswa dengan memanfaatkan peralatan yang sudah kamu miliki seperti laptop, computer dan printer.

Itulah beberapa Ide Bisnis Mahasiswa Dengan Modal Kecil Untung Besar. Kamu bisa mencoba ide bisnis ini untuk memenuhi segala kebutuhan selama masa perkuliahan kamu.

Bahkan…

Ini bisa jadi sebagai usaha kamu nantinya…

Selamat Mencoba guys!

Satu pemikiran pada “Ide Bisnis Mahasiswa Dengan Modal Kecil dan Untung Besar, Kamu Bisa Coba Nich!”

Tinggalkan komentar