Cara Menghitung Luas dan Keliling Segitiga Beserta Rumusnya, Catat Ya!

RiauOnline.id, Cara Menghitung Luas dan Keliling Segitiga — Menurut pelajaran Matematika, segitiga merupakan salah satu bangun datar yang paling sederhana dengan beragam jenisnya.

Sebelum membahas cara menghitung segitiga dengan beragam rumusnya, kita akan membahas terlebih dahulu tentang bangun datar segitinyanya.

Segitiga merupakan bangun datar yang memiliki tigas sisi dengan tiga sudut yang dibatasi ruas garis. Dengan sudut total segitiga ialah mencapai 180 derajat.

Untuk jenisnya, segitiga terdiri dari beragam jenis yang berbeda-beda berdasarkan bentuknya.

Jenis – jenis Bangun Datar Segitiga

Cara menghitung segitiga tak dapat sembarangan, langsung menggunakan rumusnya. Kita juga perlu melihat dan memastikan segitiga tersebut masuk dalam jenis yang mana.

Untuk jenis segitiganya ini, terdapat banyak sekali berdasarkan bentuknya.

Mulai dari segitiga sama sisi yang memiliki panjang yang sama pada keseluruhan sisinya.

UPDATE TERBARU:   Cara Menghitung Akar Pangkat 3 yang Paling Mudah Diterapkan, Coba Dech!

Lalu ada segitiga sembarang dengan panjang setiap sisinya berbeda semua. Jika dilihat berdasarkan sudutnya, segitiga juga dibedakan menjadi beberapa jenis.

Seperti segitiga lancip yang memiliki sudut kurang dari 90 derajat. Kemudian segitiga siku-siku yang bersudut 90 derajat, dan segitiga tumpul yang sudutnya lebih dari 90 derajat.

Rumus dan Cara Menghitung Segitiga

Berbicara mengenai cara menghitung segitiga, terdapat banyak hal yang harus diketahui terlebih dahulu.

Salah satunya ialah komponen yang perlu dihitung dalam segitiga ialah luas dan kelilingnya. Yang di dalamnya terdapat panjang sisi, panjang alas, dan tinggi segitiga.

Berikut akan diulas rumus dan cara menghitung segitiiga:

1. Cara Menghitung Luas Segitiga

Cara menghitung segitiga  berdasarkan rumus luasnya ialah dengan memperhatikan komponen panjang alas dan tinggi dari segitiga menggunakan besaran centimeter.

Luas atau luasan area adalah besaran yang menunjukkan ukuran dua dimensi.

Yang mana merupakan dimensi dari sebuah bangun dalam bagian permukaan yang dibatasi jelas dengan kurva atau garis yang tertutup.

UPDATE TERBARU:   Cara Menghitung Volume Tabung Beserta 3 Contoh Soalnya!

Untuk luas segitiga yang dimaksud ialah besar ukuran dari bangun datar segitiga tersebut. Dan dapat dihitung dengan rumus berikut ini :

L = ½ x a x t

Di mana L adalah luas segitiga menggunakan besaran cm2, a adalah panjang alas segitiga dengan besaran cm, dan t adalah tinggi dari segitiga yang juga menggunakan besaran cm. Untuk lebih jelasnya, dapat disimak dalam contoh soal berikut ini.

Di sebuah gambar, terdapat sebuah bangun datar segitiga yang memilki sudut kurang dari 90 derajat atau berjenis lancip dengan panjang alas a = 5 cm, dan tinggi t = 4 cm. Maka hitunglah luas segitiga lancip tersebut menggunakan rumus luas!

Penyelesaian :

Diketahui :

a = 5 cm

t = 4 cm

Ditanya : luas segitiga atau L = ?

Dijawab :

L = ½ x a x t

L = ½ x 5 cm x 4 cm

L = 10 cm2

2. Cara Menghitung Keliling Segitiga

Cara menghitung segitiga juga bisa dilihat dari kelilingnya, atau jumlah sisi-sisi pada bangun datar yang berbentuk segitiga tersebut.

Jadi keliling segitiga dapat juga disebut jumlah dari keseluruhan panjang sisinya. Adapun rumus keliling segitiga ialah sebagai berikut :

UPDATE TERBARU:   8+ Cara Menghitung Keliling Segitiga Termudah!

K = a + b + c

Di mana K adalah keliling segitiga dengan besaran cm, lalu untuk a, b, dan c adalah panjang sisi segitiga yang juga menggunakan besaran cm.

Jadi,

Kamu tinggal memasukkan angka pada rumus yang sudah admin tuliskan tersebut. Nggak ribet kok!

Jika masih bingung bisa melihat beberapa contoh cara menghitung keliling segitiga berikut ini:

Sebuah segitiga memiliki sisi-sisi yang sama panjang. Yaitu 5 cm, maka ukurlah kelilingnya!

Penyelesaian :

Diketahui : panjang sisi segitiga = 5 cm

Ditanya : keliling segitiga = ?

Dijawab :

K = a + b + c

K = 5 cm + 5 cm + 5 cm

K = 15 cm

Kesimpulan

Demikianlah beberapa trik sederhana Cara Menghitung Luas dan Keliling Segitiga super gampang.

Dengan menggunakan cara ini maka akan lebih mudah untuk kamu menyelesaikan beberapa soalan matematika yang sedang kamu coba untuk selesaikan.

Nah,

Jika kamu masih bingung maka contoh soal yang ada bisa menjadi referensi kamu ketika ingin menyelesaikan beberapa soalan yang ada.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tinggalkan komentar