Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membuat Surat Izin Sekolah

Hijaz.id, Umum — Sebagian besar dari Anda pasti sudah pernah melakukan pemberian surat izin kepada sekolah untuk sekadar memberi informasi kehadiran atau juga menjadi satu aturan yang wajib dilaksanakan. Surat izin sekolah ini termasuk satu hal yang bisa dibuat dalam bentuk formal dan semi formal. Semua tergantung kebutuhan.

Nah, sebenarnya surat izin tersebut memiliki banyak fungsi, selain memberi tahu tentang kehadiran siswa, surat izin merupakan media interaksi antara pihak sekolah dengan orang tua atau wali murid. Fungsinya tidak hanya itu saja, tetapi masih banyak lagi. Begitu juga dengan jenis-jenis surat izin untuk sekolah.

Apa Itu Surat Izin Sekolah

Apa Itu Surat Izin Sekolah
Apa Itu Surat Izin Sekolah

Surat izin di dunia sekolah setingkatnya menjadi satu hal yang wajib diperhatikan ketika ingin mendapat nilai kehadiran yang baik.

Tidak sedikit siswa yang berusaha mendapat surat izin dari orangtuanya meski keadaannya baik-baik saja dan bisa hadir ke sekolah (ingin libur saja).

Sebab, daftar hadir merupakan salah satu bahan penilaian yang di akhir tahun pelajaran akan menjadi salah satu patokan nilai.

Saat ini banyak juga sekolah-sekolah yang sudah menerapkan daftar kehadiran secara lebih praktis seperti menggunakan kartu atau scan jari.

Sehingga bila ingin memberi informasi tentang absen, bisa melalui telepon atau langsung menghubungi wali kelas masing-masing.

Namun masih banyak pula sekolah-sekolah yang menggunakan cara manual atau masih tradisional dalam hal daftar kehadiran.

Maka dibutuhkan surat izin sekolah dengan keterangan yang sesuai. Seperti surat izin sakit, surat izin tidak bisa hadir karena ada keperluan khusus, serta lainnya.

Surat izin untuk sekolah adalah pemberitahuan absen kehadiran dari wali murid kepada pihak sekolah dalam bentuk surat yang mana bisa berbentuk formal atau semi formal, diketik rapi atau ditulis dengan tangan, lalu dilengkapi tanda tangan oleh wali murid.

Macam-Macam Surat Izin Sekolah

Surat izin pada absen kehadiran terdiri dari:

1. Surat Izin Sakit

Surat izin yang sangat umum ialah izin sakit. Surat ini diberikan bisa dikasihkan kepada pihak sekolah langsung oleh wali murid, atau dititipkan pada teman satu kelas.

Selain memberi informasi kehadiran, surat ini bisa membuat pihak sekolah atau teman-teman kelas memaklumi keadaan kita.

Contohnya saat kita masuk sekolah kembali, guru akan paham bila ada tugas yang terlewatkan, atau ada materi yang kita tidak pahami.

Untuk sakit dengan tingkatan lebih parah atau membutuhkan waktu pemulihan agak lama, lebih baik wali murid sendiri yang langsung datang ke sekolah untuk memberi informasi secara langsung.

Bisa juga dengan melampirkan surat kesehatan dari dokter/rumah sakit.

2. Surat Izin Acara Keluarga

Jenis surat izin berikutnya adalah izin menghadiri acara keluarga. Terkadang ada acara-acara penting yang diadakan di hari-hari biasa atau di hari kita masuk sekolah atau memang ada keperluan keluarga yang mau tidak mau kehadiran kita dianggap penting.

Misalnya, saat sehari sebelum kakak kita menikah, atau ada pengajian keluarga karena orang tua akan berangkat umrah.

Kita harus tetap di rumah, bukan? Karena harus membantu keluarga kita melakukan persiapan.

Maka dibutuhkan surat izin acara keluarga agar daftar kehadiran tetap memiliki nilai bagus.

3. Surat Izin Pergi Aktivitas ke Luar Kota/Negeri

Macam surat izin ketiga, surat izin pergi ke luar kota atau negeri. Biasanya sekolah mewajibkan muridnya memberi surat izin dengan tanda tangan resmi wali bila ada aktivitas di luar kota atau negeri.

Meski alasannya untuk mengunjungi keluarga atau alasan lainnya yang pada intinya Anda harus ke luar kota/negeri.

Fungsi Surat Izin Sekolah

Agar lebih paham pentingnya surat izin yang tentu saja berkaitan dengan nilai kehadiran siswa, berikut fungsi-fungsi dari surat izin.

Nilai Kehadiran

Fungsi pertama adalah dalam hal nilai kehadiran. Walau banyak sekolah yang terkesan ‘biasa’ saja terhadap nilai kehadiran,

tetapi banyak juga sekolah yang menjadikan nilai kehadiran menjadi satu hal penting dan menjadi bahan pertimbangan siswanya mendapat peringkat baik tidak di kelas atau angkatannya.

Biasanya bila seorang murid terlalu sering absen tanpa memberi informasi jelas melalui surat izin atau pemberitahuan langsung, pihak sekolah akan mengurangi nilai kehadiran yang memengaruhi nilai secara keseluruhan di rapor.

Memberi Informasi yang Valid

Adanya surat izin yang ditanda tangani resmi oleh wali siswa merupakan satu cara memberi informasi yang valid.

Sehingga pihak sekolah bisa lebih mengerti kondisi siswanya dan alasan apa yang membuat siswanya tidak bisa hadir mengikuti pelajaran sekolah.

Tidak hanya itu, tetapi memperjelas kondisi atau keadaan yang sedang dialami oleh siswa bersangkutan agar sekolah dan teman-teman sekolah bisa memahami dan mengerti.

Mentaati Peraturan

Fungsi berikutnya, untuk mentaati peraturan sekolah. Setiap sekolah memberlakukan peraturan dan kebijakan masing-masing.

Umumnya memperhatikan kehadiran seperti selalu memberi kabar dan informasi valid ketika tidak bisa hadir di sekolah adalah kewajiban dan masuk dalam peraturan.

Paling sederhana ialah menggunakan surat izin yang sudah ditanda tangani oleh wali siswa sebagai bukti isi surat tersebut valid. Atau siswa tidak ‘berbohong’.

Membuat Surat Izin Sekolah

Untuk membuat sebuah surat izin, baik dalam jenis izin sakit, acara keluarga, ataupun izin ke luar kota/negeri, terdapat outline dasarnya.

Hal ini agar surat rapi dan jelas. Berikut outline dasar atau susunan dalam membuat surat izin untuk sekolah.

  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat.
  2. Alamat tujuan surat.
  3. Salam pembuka.
  4. Kalimat pembuka.
  5. Isi surat.
  6. Salam penutup.
  7. Nama pengirim (wali murid).

Usahakan tulis dengan rinci data diri siswa yang bersangkutan dan jelaskan secara jelas tentang alasan mengapa tidak bisa hadir mengikuti pelajaharan di hari tersebut.

Anda juga bisa tuliskan berapa lama siswa yang bersangkutan tidak bisa hadir. Misalnya, untuk pemulihan dari sakit membutuhkan waktu satu minggu atau juga acara keluarga akan berlangsung selama tiga hari.

Dalam surat izin sekolah jangan lupa bubuhkan tanda tangan sebagai wali disertai nama Anda sebagai penulis dan pengirim surat.

Gunakan diksi dan bahasa yang sopan, serta langsung pada tujuan utama (tidak bertele-tele). Bila ada keterangan dari dokter atau rumah sakit atas masa penyembuhan dan pemulihan silakan lampirkan.

Biasanya dokter dan rumah sakit menawarkan langsung untuk membuat surat izin libur sekolah.

close