Pentingnya Peran Media di Tengah Kemajuan Zaman

Hijaz.id, Umum — Manusia adalah makhluk sosial yang sering melakukan hubungan komunikasi dengan sesamanya, dimana komunikasi ini bisa melalui lisan, tulisan, ataupun gerak tubuh. Seiring berkembangnya zaman di masa kini terdapat sebuah cara baru yaitu menggunakan sebuah Media, dimana media memiliki fungsi yang sama dengan teknik komunikasi lainnya.

Penggunaan media sebagai alat perantara memang sudah sering dilakukan, apalagi teknik ini dinilai lebih efektif dan efisien dalam menyampaikan sebuah informasi. Tentu saja media memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan zaman.

Pengertian Media

Pengertian Media
Pengertian Media

Media merupakan suatu cara menyampaikan informasi yang dilakukan dengan menggunakan perantara, dimana perantara tersebut bisa berupa suara, tulisan, ataupun gambar.

Seiring berkembangnya zaman media kini diterapkan dengan menggunakan teknologi yang lebih maju dan juga modern.

Menurut etimologi Media sendiri dapat diartikan sebagai medius yang artinya perantara atau pengantar, sedangkan menurut istilah media adalah alat perantara yang memiliki fungsi menyalurkan pesan ke suatu tujuan tertentu dengan lebih cepat.

Media memang memiliki pengertian yang sangat luas, hal ini dikarenakan media sudah ada sejak zaman dahulu.

Tak heran banyak para ahli yang mengartikan media secara berbeda-beda, namun sebenarnya ia tetap mempunyai tujuan yang sama.

Sejarah Media

Pertama kali kata media muncul mulai dikenal sejak manusia mulai melakukan komunikasi satu sama lain, diperkirakan hal ini terjadi pada 200.000 sampai 300.000 tahun sebelum Masehi.

Baca Juga:   Inilah Prinsip Dalam Bimbingan Konseling yang Harus Kamu Ketahui!

Waktu itu media pertama yang digunakan untuk komunikasi adalah secara lisan atau bahasa-bahasa kuno.

Kemudian baru pada 1.000 tahun sebelum Masehi mulai dikenal tulisan-tulisan, di zaman ini biasa disebut dengan zaman batu atau bisa diartikan sebagai penulisan arca-arca.

Hal tersebut didukung oleh artefak-artefak berupa tulisan kuno yang di prediksi telah dibuat pada 3.000 tahun yang lalu.

Semakin berkembangnya zaman kini media tidak hanya sebatas kata atau tulisan saja, namun sudah berkembang ke bentuk perantara lainnya.

Hal inilah yang menyebabkan jenis media sudah sangat maju dengan menerapkan teknologi-teknologi terbaru.

Jenis-Jenis Media

Media Audio

Jenis media yang pertama adalah media audio atau suara, dimana media ini menggunakan suara sebagai alat komunikasi antara satu orang dengan orang lainnya.

Pendengaran serta gimik wajah merupakan objek utama saat menggunakan alat komunikasi berupa media audio tersebut.

Secara sifatnya pesan yang diberikan melalui sebuah audio akan memberikan efek yang cukup mendalam, bukan hanya bahasa verbal saja namun nonverbal juga ikut serta dalam penerapan media audio.

Misalnya saja bunyi, vokalisasi, gumam, musik, dan masih banyak lagi lainnya.

Media Visual

Selain audio pastinya ada juga yang namanya media visual atau gambaran secara nyata, disini visual yang dimaksud bisa berupa tulisan, gambar, simbol, ataupun media lain yang menggunakan penglihatan sebagai alat komunikasinya.

Di era modern ini pastinya penggunaan media visual dapat ditemukan dengan mudah, misalnya saja buku, majalah, foto, peta, ataupun hal lain yang menunjukkan informasi melalui penglihatan.

Baca Juga:   [TUTORIAL] Cara Memasukan Biss Key NEX Parabola, Coba Aja!

Bahkan grafis atau bentuk sketsa juga memiliki informasi yang penting untuk disampaikan.

Secara umum media visual sangat erat kaitannya dengan media cetak, dimana pada dasarnya ia menggunakan bentuk 2D dalam perantara menyampaikan suatu hal.

Penggunaan media jenis ini seringkali ditemui pada abad ke-19, pada masa itulah media visual mulai dikenal dan sangat populer di masa itu.

Media Audio Visual

Jenis media yang sangat banyak digunakan di masa sekarang ialah Media audio visual, seperti namanya jenis ini menggabungkan audio dan visual secara bersamaan sebagai alat komunikasi.

Hasil gabungan dari kedua cara komunikasi inilah yang menghasilkan suatu objek komunikasi yang lebih kompleks yaitu sebuah video ataupun film.

Selain video dan film penerapan audio visual banyak digunakan pada teknologi zaman sekarang, seperti televisi, video call, video musik, dan masih banyak lagi lainnya.

Penggunaannya dinilai lebih efektif dalam menyampaikan informasi kepada orang banyak sekalipun.

Tak heran di zaman modern ini penggunaan media audio visual lebih digemari dari pada media lainnya, tentu saja hal tersebut tidak terlepas dari sifat praktis yang ditawarkannya.

Dukungan kamera dan koneksi internet membuat media jenis ini juga sangat mudah untuk di akses oleh semua orang.

Media Teknologi

Alat komunikasi yang tak kalah modern lainnya adalah media teknologi, media jenis ini cenderung menggunakan teknologi sebagai dasar dari penerapannya.

Misalnya saja teknologi seperti sosial media, website, internet, dan jenis teknologi lainnya. Bahkan media seperti audio dan visual mulai ditinggalkan dan digantikan oleh media teknologi yang sangat modern di masa sekarang.

Baca Juga:   Mengenal Deskripsi DNA, Sifat, dan Fungsinya

Apalagi penggunaannya yang sangat mudah membuat media ini sangat sering dipakai oleh masyarakat luas, bahkan banyak pula aplikasi-aplikasi bermanfaat yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut menjadi suatu kemajuan yang sangat besar dalam bidang teknologi, informasi, dan juga komunikasi.

Multimedia

Terakhir terdapat Multimedia yang merupakan gabungan dari berbagai Media, mulai dari media cetak, media massa, media elektronik, maupun media-media lainnya.

Jenis media ini cenderung menggunakan berbagai cara untuk bisa menyampaikan satu informasi tertentu saja, sehingga informasi yang disampaikan bisa terlaksana dengan efektif dan juga efisien.

Selain itu multimedia biasa digunakan juga untuk membuat suatu informasi menjadi lebih mudah untuk dimengerti, ia akan mengedit serta membuat informasi menjadi menarik untuk para pendengar ataupun para penontonnya.

Seringkali multimedia digunakan sebagai perantara dalam beriklan oleh produk-produk tertentu, hal tersebut sudah biasa dalam dunia periklanan.

Terutama saat menggunakannya untuk menghasilkan karya tertentu yang ingin di publikasikan secara konvensional.

Media memang memiliki peranan yang sangat penting untuk menyampaikan informasi, data, ataupun hal yang ingin disampaikan lainnya.

Tak heran penggunaan media sendiri sudah menjadi hal wajib untuk ada di zaman sekarang, baik media audio, visual, audio visual, teknologi, hingga multimedia.

Cara menyampaikan setiap informasi sendiri memang berbeda-beda, namun pada dasarnya tujuan serta maksud dari penyampaian tersebut sama saja.

Tujuannya ialah untuk dapat dimengerti oleh orang banyak ataupun masyarakat luas, sehingga penggunaan media sangat dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut nantinya.