Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Wanita Dewasa dan Anak-anak

Menghitung Berat Badan Ideal — Setiap wanita pasti menginginkan untuk memiliki berat badan yang ideal, terlebih bagi wanita yang ingin melakukan diet.

Berat badan ideal harusnya dihitung pada saat wanita ingin melakukan diet untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara menghitung berat badan ideal pada wanita, terutama yang memiliki tinggi standar, yaitu 155 cm, tentunya mengikuti rumus dari Body Mass Index (BMI).

Apa itu Body Mass Index Sebagai Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Wanita.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Wanita
Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Wanita

Masing-masing orang memiliki indeks masa tubuh yang berbeda-beda, untuk itu setiap orang harus tahu IMT (BMInya).

Hal ini untuk mengetahui dan mendeteksi apakah ada resiko penyakit kronis yang akan menyerang tubuhnya.

UPDATE TERBARU:   Cara Menghitung BMI dengan Mudah dan Cepat

Sementara indeks masa tubuh (BMI) adalah takaran yang dipakai untuk mengetahui berapa gizi seseorang yangdiambil dari perbandingan berat dan tinggi badan.

Menghitung IMT dapat menggunakan cara berikut, yaitu membagi berat badan (dalam kilogram) dengan tinggi badan (dalam meter kuadrat). Sebagai contoh,

Seseorang yang memiliki berat badan sebesar 65 kg dengan tinggi 155 cm (15,5 meter), maka IMTnya adalah 65 ÷ (1,55 x 1,55) = 27, 055 kg/M2.

Untuk itu cara menghitung berat badan ideal pada wanita ini dianggap yang paling mudah dan menentukan seseorang mudah terserang penyakit kronis atau tidak.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Pada Wanita Dewasa Dengan Mengacu Rumus Body Mass Index

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Setelah mengetahui berapa indeks masa tubuh seseorang, maka akan mudah untuk mengetahui kategori gizi yang ada di dalam tubuh.

Kategori gizi tersebut yang nanti jadi acuan status berat badan ideal sesuai dengan Indeks masa tubuh seseorang, adapun kategori tersebut sebagai berikut ini.

UPDATE TERBARU:   Cara Menghitung Persentase Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Terbaru

Jika IMT di bawah 18,5, maka status berat badan adalah kurang gizi, untuk IMT 18,5 hingga 22,9 status berat badannya yaitu sehat.

Selanjutnya untuk IMT 23,0 – 24,9 status berat badannya adalah kelebihan berat badan, terakhir IMT 25,0 ke atas berstatus obesitas.

Cara menghitung berat badan ideal pada wanita selain dengan IMT atau BMI dapat juga menggunakan Brosca, tetapi rumus ini kurang akurat.

Hal ini karena ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, seperti faktor usia dan faktor proposional tubuh seseorang.

Sehingga rumus brosca jarang dipakai dalam menghitung berat badan ideal tubuh, baik wanita dewasa maupun anak-anak.

Cara menghitung Berat Badan Ideal Bagi Anak-Anak Perempuan

Berat Badan Ideal Bagi Anak
Berat Badan Ideal Bagi Anak

Perlu diketahui juga bahwa cara menghitung berat badan ideal pada wanita, khususnya anak-anak perempuan berbeda dengan perhitungan untuk wanita dewasa.

UPDATE TERBARU:   Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Secara Sederhana, Mudah Kok!

Pada anak-anak IMTnya tidak sama dengan IMT wanita dewasa, hal ini dikarenakan anak-anak masih mengalami masa pertumbuhan.

Untuk itu berat dan tinggi badan anak-anak tersebut adalah konstan, sehingga inilah yang membedakan penghitungan berat badan ideal.

Di Indonesia sendiri,anak-anak berusia di bawah 2 tahun, IMT dilihat berdasarkan pada kurva Centers for Disease Control and Prevention .

Sementara untuk anak-anak berusia di atas 2 tahun, dilihat berdasarkan pada tabel pertumbuhan World Health Organization.

Nah dari ulasan di atas untuk menentukan berat badan ideal pada anak perempuan harus mendatangi dokter untuk diketahui kondisi status gizinya.

Bagaimana cukup mudah bukan untuk mengetahui cara menghitung berat badan ideal pada wanita, baik wanita dewasa maupun anak perempuan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk menghitung status gizi dan menentukan diet apa yang cocok pada wanita juga anak perempuan.

Tinggalkan komentar