in

Indonesia Beli Vaksin dari Cina Tapi Cina Beli Vaksin Jerman-Amerika?

Indonesia Beli Vaksin dari Cina Tapi Cina Beli Vaksin Jerman-Amerika
Indonesia Beli Vaksin dari Cina Tapi Cina Beli Vaksin Jerman-Amerika

RiauOnline.id, Jakarta — Aneh tapi nyata, tapi itulah yang terjadi. Pemerintah Indonesia memilih mendatangkan vaksin Covid-19 bikinan Cina dengan menggandeng China Sinovac Biotech Ltd.

Namun, perusahaan farmasi di China justru ingin mengimpor vaksin dari barat bikin perusahaan Jerman-Amerika, Pfizer-BioNTech.

Impor vaksin dari Sinovac masuk ke dalam negeri mencapai 1,2 juta dosis pada 6 Desember 2020. Sementara Shanghai Fosun Pharmaceutical Group menyebutkan akan mengimpor vaksin BioNTech sekitar 100 juta dosis ke daratan Cina jika disetujui pemerintah.

Info Lainnya:  Mulai Januari 2021 Dibagikan Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu Per Kepala Keluarga!

Dilansir Reuters, Rabu, 16 Desember 2020, Fosun Pharma disebut akan melakukan pembayaran awal sebesar 125 juta euro atau sekitar US$ 151,84 juta pada akhir tahun ini untuk pembelian 50 juta dosis.

Fosun Pharma telah membawa kandidat vaksin BioNTech untuk uji klinis di Cina, namun masih belum mendapat persetujuan dari regulator medis di negara itu.

Perusahaan farmasi ini telah memulai uji klinis tahap 2 dari 960 peserta untuk vaksin berkode BNT162b2 itu di Provinsi Jiangsu, Cina.

Info Lainnya:  [Rilis] Jadwal Pencairan BSU BPJS Termin 3 Tahun 2021? Kapan?

Sementara pemerintah Cina belum mengumumkan kesepakatan pasokan vaksin dengan pembuat obat Barat. Pemerintah justru masih memilih bermitra dengan perusahaan farmasi swasta di negara itu.

Vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech telah menerima persetujuan untuk penggunaan darurat di beberapa negara, termasuk AS, Inggris, dan Singapura.

Vaksin yang 95% efektif dalam uji klinis ini telah melewati tonggak penting ketika panel ahli secara resmi merekomendasikan agar disahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.

Di Cina sendiri, vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan lokal yakni unit Sinopharm China National Biotec Group dan CanSino Biologics telah diberikan kepada ratusan ribu orang di bawah otorisasi darurat di Cina, tetapi mereka belum menerima persetujuan penggunaan publik dari regulator obat mana pun.

Info Lainnya:  Cara Ambil Token Listrik Gratis Bulan Januari 2021, Segera Klaim!
Halaman: 1 2

Promot Content

Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Dengan Sensasi dan Panorama yang Unik

12 Tempat Wisata di Kepulauan Meranti Dengan Sensasi dan Panorama yang Unik, Coba dech!

Penyebab BLT Guru Honorer Kemenag Tidak Cair ke Rekening

Penyebab BLT Guru Honorer Kemenag Tidak Cair ke Rekening, Segera Cek di Sini