in

Check Daftar Program Bansos, BLT, dan BSU yang Cair Awal 2021

Check Daftar Program Bansos, BLT, dan BSU yang Cair Awal 2021
Check Daftar Program Bansos, BLT, dan BSU yang Cair Awal 2021

RiauOnline.id, Jakarta – Pemerintah telah menganggarkan Rp408,8 triliun dari APBN 2021 untuk program perlindungan sosial atau bantuan sosial (bansos) untuk mengurangi dampak pandemi Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan anggaran untuk bansos dan bantuan tunai langsung (BLT) akan segera dicairkan pada awal 2021.

“Anggaran untuk bansos Rp408,8 triliun. Untuk perlindungan sosial dilakukan pada Januari 2021, belanja modal juga seluruh kementerian dan lembaga sudah bisa lakukan procurement secepat mungkin,” ungkap Sri Mulyani dalam siaran pers seperti dikutip, Jumat (4/12/2020).

Info Lainnya:  CEK REKENING! BLT Guru Honorer Sudah Ditransfer, Cek Nama Penerima via info.gtk.kemdikbud.go.id

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, anggaran Rp408,8 triliun disiapkan untuk melanjutkan bantuan sosial (bansos), reformasi secara bertahap, dan juga penyempurnaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Hal ini sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar belanja segera direalisasikan sejak awal tahun untuk mendorong percepatan pembangunan seperi diungkapkan dalam siaran pers Kementerian Sosial RI pada Jumat (25/11/2020).

Info Lainnya:  BLT Khusus Ibu Rumah Tangga Biar Dapur Ngebul!

“Agar belanja masyarakat meningkat agar konsumsi masyarakat meningkat sehingga juga menggerakkan ekonomi di lapisan bawah,” kata Jokowi.

Beberapa program bansos yang sudah dilaksankan pemerintah selama periode pandemi Covid-19, yaitu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Presiden Usaha Mikro atau bantuan tunai lansung (BLT) UMKM, serta bantuan subsidi upah (karyawan, guru honorer, dan guru madrasah).

Info Lainnya:  Segera Cair Januari 2021, Akan ada BLT Diantar Langsung ke Penerima?

Menteri Sosial Juliari P. Batubara menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan instruksi presiden dengan memperluas penerima bansos pada 2021.

“Kementerian Sosial siap menindaklanjuti arahan Bapak Presiden. Penanganan dampak pandemi salah satunya dilakukan Kemensos melalui bantuan sosial reguler,” ujarnya.

Juliari menyebutkan pagu anggaran Kemensos ditetapkan sebesar Rp98,817 triliun pada 2021, dimana Rp91 triliun merupakan anggaran untuk bantuan sosial.

Halaman: 1 2

Promot Content

Persiapan Kolam Usaha Budidaya Ikan Mujair

Cara Persiapan Kolam Usaha Budidaya Ikan Mujair! Lakukan Hal ini…

Alur Kemendikbud Angkat 1 Juta Guru Honorer Jadi ASN 2021

Ini Alur Kemendikbud Angkat 1 Juta Guru Honorer Jadi ASN 2021