in

Asal Usul Nama Indonesia, Dari Nederlandsch-Indie hingga To-Indo Kemudian Menjadi Indonesia

Asal Usul Nama Indonesia
Asal Usul Nama Indonesia

Dari mana Asal Usul Nama Indonesia, beberapa sejarah menggungkapkan asal mula nama Indonesia, Dari Nederlandsch-Indie hingga To-Indo dan Kemudian menjadi Indonesia

RiauOnline.id, Asal Usul Nama Indonesia — Hi guys! Menggingat sejarah berarti kembali mengenang masa lalu yang telah membawa kita menjadi satu ikatan menjadi Indonesia.

Sebuah Pertanyaan tentang Asal usul Nama Indonesia menjadi sebuah pertanyaan besar yang sebagian orang tak tahu jawabannya.

Info Lainnya:  Biografi Cut Nyak Dien dan Bentuk Perjuangannya Untuk Indonesia

Pada zaman purba, kepulauan tanah air kita disebut dengan aneka nama. Dalam catatan bangsa Tionghoa kawasan kepulauan kita dinamai Nan-hai (Kepulauan Laut Selatan).

Berbagai catatan kuno bangsa India menamai kepulauan ini Dwipantara (Kepulauan Tanah Seberang), nama yang diturunkan dari kata Sansekerta dwipa (pulau) dan antara (luar, seberang).

Cerita ini juga menjadi bagian dari asal usul nama Indonesia.

Asal usul Nama Indonesia
Asal usul Nama Indonesia

Kisah Ramayana karya pujangga Valmiki yang termasyhur itu menceritakan pencarian terhadap Sinta, istri Rama yang diculik Ravana, sampai ke Suwarnadwipa (Pulau Emas, yaitu Sumatra sekarang) yang terletak di Kepulauan Dwipantara.

Bangsa Arab menyebut tanah air kita Jaza’ir al-Jawi (Kepulauan Jawa). Nama Latin untuk kemenyan adalah benzoe, berasal dari bahasa Arab luban jawi (kemenyan Jawa), sebab para pedagang Arab memperoleh kemenyan dari batang pohon Styrax sumatrana yang dahulu hanya tumbuh di Sumatra.

Sampai hari ini jemaah haji kita masih sering dipanggil “Jawa” oleh orang Arab. Bahkan orang Indonesia luar Jawa sekalipun.

Info Lainnya:  Sejarah Kehidupan Imam Ali bin Abi Thalib R.A, Khalifah yang keempat dari Khulafa’ Ar-Rasyidin

“Samathrah, Sholibis, Sundah, kulluh Jawi (Sumatra, Sulawesi, Sunda, semuanya Jawa)” kata seorang pedagang di Pasar Seng, Mekah.

Halaman: 1 2

Promot Content

Biografi Cut Nyak Dien dan Bentuk Perjuangannya Untuk Indonesia

Biografi Cut Nyak Dien dan Bentuk Perjuangannya Untuk Indonesia

Bantuan Sosial Tunai Kemensos

10 Juta KK Dapat Bantuan Sosial Tunai, Cek Nama Kamu?