Analisis Usaha Toko Klontong: Aspek Pemasaran dan Rencana Keuangan

Bagaimana analisis Usaha Klontong? Berikut ini ulasan secara rinci untuk kalian yang ingin membuat usaha Klontong, simak yah!

RiauOnline.id, Ide Bisnis dan Usaha Klontong — Hi RiauOnliners! Memiliki sebuah usaha secara mandiri mungkin menjadi impian bagi sebagian orang. Mereka yang ‘tidak tahan’ bekerja dibawah tekanan atasan mungkin lebih memilih menjadi wirausahawan.

Namun…

Terkadang kita dibenturkan dengan ide tak kunjung datang mau buat apa? Apa sih yang bisa gua lakukan?

Sebenarnya ada banyak ide Bisnis!

Kamu hanya perlu ‘sedikit’ membuka wawasan dan mindset berfikir. Perbanyak untuk melihat keluar lingkungan kamu, akan ada banyak ide yang bisa kamu dapatkan.

Oh ya, sebelumnya juga sudah saya tuliskan ide bisnis untuk kamu yang masih berstatus Mahasiswa. Ide simple dan mungkin dengan mudah bisa kamu kerjakan. Bisa baca selengkapnya di Ide Bisnis Mahasiswa dengan Modal Kecil.

Ada bnyak ide dan inspirasi yang bisa kamu ambil dari artikel tersebut. Silahkan di baca yah.

Nah, kali ini saya akan sedikit mengulas Analisis Usaha Toko Klontong: Aspek Pemasaran dan Rencana Keuangan.

Jika kamu berfikir ingin membuat sebuah Toko Klontong maka kamu bisa membaca lebih lanjut ulasan ini

Produk Usaha Toko Klontong

Analisis Usaha Toko Klontong
Analisis Usaha Toko Klontong

Peralatan dan Perlengkapan

Dalam usaha ini penulis memilih supplier/distributor dari Juwana, selain dekat dengan took CIKMI juga barang dagang yang dibeli tidak terlalu mahal.

Adapun peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan di Toko CIKMI yaitu :

  1. Rak pajangan
  2. Meja dan kursi kasir
  3. Lemari kaca
  4. Kursi panjang
  5. Computer
  6. Buku dan bolpoin
  7. Kulkas

Fasilitas yang di butuhkan

  • Fasilitas yang ada di “ Toko CIKMI “ sebagai berikut :
  • Tempat parkir luas
  • AC (opsional)
  • Tempat duduk santai

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Toko Klontong

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Toko Klontong
Kelebihan dan Kekurangan Usaha Toko Klontong

Kelebihan Usaha Toko Klontong

Adapun kelebihan – kelebihan usaha yang didirikan penulis sebagai berikut :

  • Produk sembako adalah produk yang pasti dibutuhkan oleh semua orang. Ini berarti ada kebutuhan atau ada pasarnya. Sehingga tidak perlu khawatir soal ada atau tidak yang membutuhkan sembako.
  • Tempat yang strategis sehingga memungkinkan orang-orang untuk melihat.
  • Produk yang kami hasilkan ini dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.
  • Walaupun harga bahan pokok naik, tak menjadi masalah karena bahan pokok sangat dibutuhkan.
  • Pelayanan yang kami berikan sangat baik dan ramah dibandingkan usaha kelontong lainnya.

Kekurangan Usaha Toko Klontong

Adapun kekurangan di dalam usaha Toko Klontong yaitu :

  • Jika melakukan kesalahan dalam pelayanan terhadap konsumen dapat menghilangkan kepercayaan pelanggan.
  • Banyak yang membuka usaha ini sehingga banyak persaingan yang terjadi, apalagi masalah perbedaan harga yang hanya sedikit dapat menurunkan pelanggan.

Pemasaran Usaha Toko Klontong

Pemasaran Usaha Toko Klontong
Pemasaran Usaha Toko Klontong

Gambaran Pemasaran

Dalam tugas ini gambaran sebuah usaha yang ingin saya buat adalah sebuah toko kelontongan atau sembako yanag mana di dalamnya terdapat kebutuhan atau perlengkapan yang dibutuhkan dalam kegiatan tiap harinya baik beruopa makanan atau pun barang kebutuhan sehari-hari.

Faktor Kompetitif

Dalam usaha ini penulis mempunyai 2 pesaing yang sama – sama membuka took kelontong, tetapi toko CIKMI mempunyai banyak kelebihan dibandingkan toko – toko lain diantaranya harga yang sedikit lebih murah , melayani penjualan grosir, tempat santai yang nyaman dan aman. Produk yang penulis jual lebih banyak dibandingkan dengan toko – toko lainnya.

Rencana Penjualan

Penulis memasarkan produk yang penulis akan jual dengan cara membuat ruangan kecil didepan rumah penulis yang mana didalamnya dipajang atau dipamerkan produk yang nantinya akan penulis jual dan konsumen dapat melihatnya.

Untuk penjualan awal, penulis mempromosikan kepada tetangga dekat maupun teman-teman yang tinggal di daerah dekat toko.

Penulis juga akan memasang semacam papan nama yang lumayan besar untuk dipajang di depan toko penulis.

Rencana dan Analisis Keuangan/ Modal

Rencana Keuangan

  • Modal persediaan awal barang : Rp. 10.000.000,00
  • Modal untuk rak pajangan : Rp. 7.000.000,00
  • Biaya lain – lain seperti papan nama dll. : Rp. 3.000.000,00 +
  • Total Modal menjadi : Rp. 20.000.000,00

Produk yang di Jual

  • Beras @2 karung x Rp.300.000 : Rp.700.000,00
  • Indomie @5 dus x Rp.40.000 : Rp.200.000,00
  • Telor @1 peti x Rp.200.000 : Rp.200.000,00
  • Gula @1 karung x Rp.150.000 : Rp.150.000,00
  • Tepung terigu @1 karung x Rp.100.000 : Rp.100.000,00
  • Minyak goreng @1 dirigen x Rp.150.000 : Rp.150.000,00
  • Sabun mandi @5 pack x Rp.10.000 : Rp. 50.000,00
  • Shampo @5 pack x Rp.10.000 : Rp. 50.000,00
  • Pasta gigi @ 5 pack x Rp.10.000 : Rp. 50.000,00
  • Makanan ringan @ 5 dos x Rp. 50.000 : Rp. 250.000,00
  • Minuman ringan @ 5 dos x Rp 60.000 : Rp. 300.000,00 +

Perkiraan Laba Usaha Klontong

  • Perkiraan Laba kotor sebulan Rp. 2.200.000,00
  • Gaji karyawan 2 x Rp. 600.000,00 : Rp. 1.200.000,00
  • Tagihan listrik : Rp. 300.000,00 +
  • Rp. 1.500.000,00 –

Jadi, Laba bersih perbulan adalah Rp. 700.000,00

Kurang lebihnya…

Seperti itulah Analisis Usaha Toko Klontong: Aspek Pemasaran dan Rencana Keuangan. Jika kamu ingin membuat Usaha Toko Klontong maka kamu bisa membuat detail analisis keuangan dan kebutuhan lainnya.