in ,

Alhamdulillah! Bansos Ibu Rumah Tangga Cair Lagi di Februari 2021

Bansos Ibu Rumah Tangga Cair Lagi di Februari 2021
Bansos Ibu Rumah Tangga Cair Lagi di Februari 2021

RiauOnline.id, Jakarta — Kucuran dana Bantuan Sosial untuk masyarakat terus dilakukan Pemerintah melalui beberapa Kementerian terkait.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu perekonomian masyarakat yang sedang berada dalam masa Pandemi yang juga belum berakhir.

Sebenarnya…

Realisasi Bantuan Sosial dari Pemerintah ini sudah berlangsung sejak 2020 lalu. Beberapa bulan belakangan realisasi Bantuan Sosial ini terus mengalir sesuai dengan sasaran yang sudah di targetkan Pemerintah.

Kementerian Sosial telah menetapkan beberapa kebijakan dalam program bantuan sosial (bansos) pada 2021. Bansos sudah cair pada Januari, dan akan dicairkan lagi pada Februari 2021.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengatakan, untuk Bantuan Sembako pada bulan Februari akan ada mekanisme laporan yang lebih detail dan telah diperbarui.

Info Lainnya:  Waduh! UU 11/2020 Cipta Kerja Diwarnai Salah Ketik Fatal

“Sehingga tidak ada lagi pihak-pihak yang memotong atau menyelewengkan bantuan,” kata Mensos seperti dikutip lama Instagram Kemensos di Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Menurutnya, di tahun 2021 sendiri, penyaluran bantuan sosial akan dimulai serentak pada minggu pertama di bulan Januari guna menjaga perputaran ekonomi.

“Meski demikian, terdapat mekanisme khusus untuk beberapa daerah terpencil,” katanya.

Ada tiga jenis bansos yang diresmikan Jokowi dan mulai disalurkan pada 4 Januari 2020. Rinciannya, Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai.

Berdasarkan data yang dirilis Kementerian salah satu bantuan PKH yang diberikan adalah untuk ibu hamil dan balita yang mendapatkan masing-masing Rp3juta.

Info Lainnya:  Segera Cair, BLT Rp 1,2 Juta Ditransfer untuk 12,7 Juta Orang Penerima!

Bantuan tersebut diberikan selama satu tahun dan disalurkan dalam empat tahap, yakni pada Januari, Juli, dan Oktober. Penyaluran bantuan melalui Himpunan Bank Negara (BNI, BRI, Mandiri, dan BTN).

Selain itu, penyandang disabilitas berat juga mendapatkan bantuan senilai Rp2,4 juta dan penduduk lanjut usia 70 tahun ke atas senilai Rp2,4 juta.

Pemerintah telah mencairkan bantuan tunai pada awal 2021. Banyak jenis dalam bansos ini, seperti bansos tunai maupun bansos program Program Keluarga Harapan Tahun 2021.

Bantuan sosial (Bansos) itu berupa tunai yang masuk ke dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dengan total anggaran Rp28,7 triliun.

Info Lainnya:  Netizen ke Kemensos: Kok Bansos yang Dapat Malah Orang Punya Mobil dan Sawah?

Sasaran 10 juta keluarga PKH disalurkan dalam 4 tahap, yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2021 melalui Bank HIMBARA. Pada bulan Januari, PKH akan disalurkan dengan anggaran sebesar Rp7,17 triliun.

Untuk program Kartu Sembako/BPNT total anggaran Rp42,5 triliun akan menjangkau 18,8 juta KPM dengan indeks Rp200 ribu/bulan/KPM. Bantuan disalurkan Januari-Desember 2021.

Bansos Tunai (BST) tahun 2021 menjangkau 10 juta KPM dengan total anggaran Rp12 triliun. Penyalurnya melalui PT Pos Indonesia dengan indeks bantuan Rp300 ribu/KPM selama 4 bulan yaitu Januari, Februari, Maret, dan April.

Sumber: Okezone.com

Promot Content

Tragedi Sriwijaya Air SJ 182 di Kepualau Seribu

Kesaksian Warga Pulau Lancang: Ada Suara Ledakan, Menggetarkan Kaca Rumah!

Belum Terima BLT Anak Sekolah & Ibu Hamil

Belum Terima BLT Anak Sekolah & Ibu Hamil, Lapor ke Email atau WhatApp ini Bunda!